perahu
80 peserta mengkuti lomba perahu layar yang digelar Dinas Perikanan Kabupaten Buleleng Kamis (10/8).(BP/mud)
SINGARAJA, BALIPOST.com – Peringatan HUT Kemerdekaan ke 72 di Buleleng begitu semarak. Beberapa lomba yang seolah sudah menjadi tradisi kembali digelar pemerintah daerah. Salah satunya adalah lomba perahu layar digelar Dinas Perikanan Kamis (10/8).

Tercatat 80 perahu wakil dari kelompok nelayan (KN) di Bali Utara beradu cepat dari garis start di Pantai Kerobokan, Kecamatan Sawan dan berakhir di Pantai Binaria, Lovina, Kecamatan Buleleng. Lomba yang selalu banjir peserta dan penonton ini dibuka Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana bersama Wakil Bupati dr. Nyoman Sutjidra, Sp.O.G. dan Kepala Dinas Perikanan Ni Made Arnika.

Bupati Putu Agus Suradnyana mengatakan, lomba perahu layar ini merupakan momentum penting dalam membangkitkan semangat da menumbuhkan rasa meninctai dunia bahari yang menjadi potensi besar di tanah air khususnya di Buleleng. Yang tidak kalah pentinggnya adalah lomba ini layak untuk dikembangkan sebagai atraksi pariwisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan asing dan wisatawan domestik (wisdom).

Baca juga:  Jokowi: Kerukunan Jadi Keunggulan Bangsa

“Ada salah satu peserta lomba Warga Negara Asing (WNA) yang mengikuti lomba kali ini. Ini harus bisa dimanfaatkan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan untuk menambah minat wisatawan datang ke Buleleng. Nanti Dinas Perikanan harus bekerjasama dengan Dinas Pariwisata untuk mempromosikan lomba ini,” katanya.

Kepala Dinas Perikanan Made Arnika mengatakan, lomba diikuti oleh 80 peserta wakil dari kelompok nelayan masing-masing kecamatan. Di samping itu, pihaknya juga menggelar lomba menangkap itik yang diselenggarakan di pantai Lovina. “Tahun ini kita cari hanya 80 peserta mengingat tempat yang kurang cukup untuk menampung perahu lebih dari 80 peserta,” katanya. (mudiarta/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.