Bupati Suwirta melepas gerak jalan serangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-72. (BP/ist)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72 di Kabupaten Klungkung berlangsung semarak. Selasa (8/8), terisi dengan lomba gerak jalan kategori umum putra. Acara yang diikuti ribuan peserta yang tergabung dalam 81 regu ini dilepas Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Wabup I Made Kasta di Jalan Untung Surapati, depan Puri Agung Klungkung.

Dengan menempuh jarak 17 kilometer, seluruh peserta diharapkan mampu menanamkan pejuang yang nantinya berdampak pada pembangunan daerah.

Panita Lomba, Sutarmajaya, menjelaskan peserta tahun ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Itu tak hanya ketegori siswa setingkat SMA/SMK sebanyak 31 regu. Namun juga kategori Ormas dan karang taruna 10 regu dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 40 regu. Tidak mau kalah, Anggota DPRD Klungkung dan para Kepala Perangkat Daerah (KPD) juga turut meramaikan.

“Peserta meningkat dua kali lipat pada tahun ini, dan ini menandakan antusiame masyrakat Klungkung untuk memeriahkan HUT RI ke 72 sangat tinggi,” ujarnya.

Pada lomba yang berlangsung pagi hari ini, juri yang terdiri dari lima kelompok akan memberikan penilaian untuk beberapa aspek, mulai dari kerapian, semangat, waktu, keseragaman gerak serta keseragaman pakaian.

Rute diawali di depan Puri Agung Klungkung menuju ketimur, di Catus Pata berbelok ke kiri menuju utara. Sampai di Kantor Camat Klungkung selanjutnya belok ke kiri menuju Besang, belok ke kiri menuju Banjar Pegending, lanjut menuju Desa Penasan dan Tihingan. Dari ini, kemudian menuju ke arah Banda dan Museum Gunarsa, dan lanjut menuju Balai Desa Takmung ke arah Desa Gelgel.

Baca juga:  Awasi Dana Desa, Pemkab Klungkung MoU dengan Kejari

Dari lokasi ini, rute dilanjutkan menuju Desa Kamasan, menuju Banjar Pande Galiran. Dari sini kembal menuju Catus Pata, dan berakhir di depan Puri Agung Klungkung. “Jarak tang ditemuh secara total 17 kilometer. Jalurnya di sekitar kota,” katanya.

Khusus kategori Siswa SMA/SMK, juara I sampai III disabet SMAN 2 Semarapura. Kategori OPD Putra, juara I disabet Guru/Pegawai SMAN 2 Semarapura, juara II Sekretariat Daerah, juara III Guru/Pegawai SMKN 1 Klungkung dan Kategori Ormas Karang Taruna, juara I disabet Kelurahan Semarapura Kauh, juara II Semarapura Kelod, dan juara III Desa Selat, Klungkung.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengungkapkan lomba yang rutin di gelar setiap tahun ini tak hanya sebatas seremonial. Namun diharapkan sebagai ajang pembangkitan semangat masyarakat dan menumbuhkan sikap pejuang. Ditengah tantangan yang semakin komplek, hal itu dipandang sangat penting untuk dimiliki. “Semangat ini juga penting untuk mendukung pembangunan daerah,” tandasnya. (adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.