Sea Games
Presiden Nantikan Lagu Indonesia Raya Berkumandang di SEA Games Malaysia. (BP/har)
JAKARTA, BALIPOST.com- Presiden Joko Widodo berharap kontingan Indonesia dapat meraih medali sebanyak-banyaknya di SEA Games XXIX 2017, di Kuala Lumpur, Malaysia. Untuk itu, Kepala Negara menegaskan siap menanti lagu Indonesia Raya berkumandang dari negara jiran tersebut.

Penegasan disampaikan Presiden Jokowi saat memberi arahan sekaligus melepas kontingen Indonesia di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, (7/8)

“Dari Tanah Air, saya menanti lagu Indonesia Raya berkumandang di SEA-Games ke-29 dan bendera merah putih berkibar dengan gagah mewakili kebanggaan bangsa Indonesia,” kata Presiden Joko Widodo dihadapan para atlet.

Presiden Jokowi mengatakan harapannya merupakan harapan dan dukungan 250 juta penduduk Indonesia yang turut menantikan perjuangan para atlet SEA Games XXIX 2017. Apalagi Indonesia sendiri diketahui telah 10 kali menjadi juara umum dalam kejuaraan SEA-Games.

Baca juga:  Kakihara Berpeluang Masuk Timnas SEA Games

“Saat saudara-saudara jatuh, 250 juta rakyat Indonesia akan ikut menangis. Dan saat saudara-saudara bangkit, 250 juta rakyat Indonesia juga akan bersorak gembira sebab mereka merasakan kemenangan setiap atlet Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Presiden meyakini para atlet memiliki semangat berjuang yang luar biasa untuk mengharumkan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, para atlet diharapkan dapat menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, sanggup bersaing, bermental pemenang, disiplin, serta menjunjung tinggi fairplay.

“Jadilah sumber inspirasi, sumber optimisme bagi seluruh rakyat Indonesia yang akan menyaksikan perjuangan saudara-saudara semuanya,” tegasnya.

Presiden juga mengucapkan selamat berjuang kepada para atlet dan pelatih yang mewakili Indonesia berjuang dalam SEA Games XXIX 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. “Terakhir saya ucapkan selamat berjuang mengharumkan nama Indonesia, mengharumkan nama negara, mengharumkan nama bangsa,” kata Presiden Jokowi.

Baca juga:  Demi Keamanan Bersama, Masyarakat Diminta Beraktivitas Gunakan PeduliLindungi

Presiden mengingatkan agar pembinaan atlet dilakukan sejak dini dan secara terus menerus. Selain itu juga harus disiapkan kompetisi yang yang baik untuk menghasilkan prestasi. “Semakin banyak kompetisi akan memperbaiki prestasi-prestasi atlet, kuncinya disitu,” ucap Presiden.

SEA Games XXIX Malaysia akan dibuka pada 19 Agustus dan di tutup pada 30 Agustus 2017. “Indonesia akan mengirimkan kontingen sebanyak 870 orang terdiri dari 533 atlet, 170 pelatih dan manajer, 55 headquarter dan 122 orang peserta mandiri yang ikut dengan biaya sendiri di luar beban target kontingen dengan 15 kelompok terbang sejak awal Agustus ini,” ujar Puan Maharani.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menjelaskan SEA Games XXIX/2017 mempertandingkan 38 cabang olahraga, memperebutkan 405 medali emas, 405 medali perak, 529 medali perunggu, SEA Games juga sebagai persiapan Bangsa Indonesia menyongsong Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Baca juga:  Enam Petembak Bali Dipanggil Seleknas SEA Games

“Kontingen Indonesia akan mengikuti 37 cabang olahraga, dan diharapkan memperoleh 55 medali emas, 99 medali perak dari 30 cabor, target ini melebihi apa yang telah diperoleh pada SEA Games 2015 di Singapura dengan 47 emas serta berada di Peringkat ke-5,” kata Puan.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyempatkan diri bermain tenis meja, berpasangan dengan Ketua Umum KOI Erick Thohir melawan peraih medali emas Olimpiade 1992 Susi Susanti yang berpasangan dengan atlit senior tenis meja Yopie Warsono.

Setelah itu, Presiden bersama Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi beramah tamah dengan para atlet.(hardianto/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *