Dua orang wisatawan berjalan-jalan di Pantai Kuta, Badung. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah III Denpasar memprediksi tinggi gelombang laut di perairan Selatan Bali berkisar antara 1.0 – 4.0 meter dan 0.5 – 4.0 meter di perairan Selat Bali dan perairan Selat Lombok. Sementara di perairan Utara Bali berkisar 0.5-2.0 meter.

BMKG mengimbau kepada masyarakat, khususnya masyarakat nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari untuk selalu waspada dan selalu memperhatikan tinggi gelombang. Ditekankan pula agar selalu memperhatikan informasi peringatan dini cuaca atau iklim ekstrem dari BMKG untuk keselamatan bersama. Perlu diwaspadai potensi angin kencang dan tinggi gelombag laut yang mencapai lebih dari 2 meter di perairan Utara dan Selatan Bali,” kata Kepala Balai BMKG wilayah III Denpasar, Drs. M. Taufik Gunawan, Dipl.,SEIS., dalam siaran persnya, Rabu (2/8).

Baca juga:  30 Persen Warga Tumbu Diduga Terkena Chikungunya

BMKG juga memprediksi Bali pada umumnya masih berawan hingga hujan ringan dengan suhu udara berkisar 21-32 C dengan kecepatan angin bertiup dari arah Timur-Selatan dengan kecepatan 0.8 – 40 km/jam. Kondisi ini disebakan suhu muka laut di perairan Bali dan sekitarnya berkisar antara 26-27 C, masih dalam kondisi lebih hangat daripada rata-ratanya, sehingga masih memberikan kontribusi bagi pertumbuhan awan-awan di sekitar Bali.

Baca juga:  Distop, Penambangan Batu di Seraya Barat

Selain itu, kondisi massa udara basah yang terkonsentrasi pada lapisan permukaan hingga lapisan 850 mb juga mendukung pertumbuhan awan di atas wilayah Bali. Dari Analisa pemodelan cuaca, kondisi cuaca wilayah Bali masih berpotensi hujan ringan hingga sedang pada dini hari di Bali bagian Timur dan Selatan, serta potensi hujan ringan hingga sedang pada sore dan malam hari di Bali bagian Timur dan Tengah. (Winatha/balipost)

Baca juga:  Puluhan Pedagang Senggol “Gerudug” Kediaman Suwirta
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *