sampah
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli bakal ikut membantu warga Desa Terunyan melakukan penangan sampah termasuk sampah yang berjubel di beberapa titik di Desa Abang Batudinding. (BP/nan)
BANGLI, BALIPOST.com – Sampai saat ini sampah masih menjadi permasalahan di Desa Terunyan, Kintamani, Bangli. Sebab, keberadaan sampah terutama sampah plastik masih menghiasi desa tersebut.

Atas kondisi itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli bakal ikut membantu warga dalam melakukan penangan sampah di desa setempat. Hal itu diakui Kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli Ida Ayu Gde Yudi Sutha, Senin (24/7).

Yudi Sutha mengatakan, keberadaaan sampah di Desa Terunyan memang masih menjadi persoalan klasik yang mesti segera mendapat penangan yang serius. Kata dia, keberadaan sampah di Desa Terunyan dapat mencemari lingkungan. Terlebih lagi, desa tersebut menjadi  salah satu tujuan pariwisata, sehingga kebersihan lingkungan sekitar harus tetap dijaga dengan baik.

“Kita harap kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang. Apalagi sampah plastik sampai dibuang ke danau. Ini jelas dapat mencemari air danau. Maka dari itu, kedepannya masyarakt di Desa Terunyan supaya bisa lebih sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar kepungan sampah,” ungkap Yudi Sutha.

Dia mengatakan, sejatinya masyarakat di nilai mampu menyelamatkan lingkungan sekitar dari sampah melalui Alokasi Dana Desa (ADD). Selain itu, pemkab juga sudah mengintruksikan supaya desa-desa yang ada selalu menajaga kebersihan lingkungan dari sampah melalui lomba Adipura Desa yang sudah dilaksanakan. Menurutnya, dari lomba tersebut sejatinya desa-desa mampu menjaga kebersihan lingkungannya dari keberadaan sampah.

Baca juga:  Pembuangan Sampah ke TPA Capai 850 Ton Per Bulan

“Saat lomba Adipura Desa lingkungan di Desa Terunyan memang bersih dari sampah plastik. Hanya saja, setelah usai lomba sampah plastik kembali menghiasi desa setempat. Jadi kita harap kebersihan lingkungan tidak hanya saat lomba saja, tetapi saat hari-hari biasa juga tetap dijaga,” katanya.

Menurutnya, untuk bisa memerangi sampah di Desa Terunyan yang selama ini masyarakat setempat sangat sulit dalam penanganan sampah-sampah itu, maka dari itu pihaknya dari DLH bakal ikut turun tangan membantu warga untuk menangai sampah setiap bulannya.

Diharapkan, dengan ikut membantu dalam penangan ampah tersebut, kedepannya wilayah tersebut bisa terbebas dari sampah plastik. “Kita akan bantu warga untuk menangani sampah disana. Nanti kita akan jadwalkan setiap bulannya,” jelasnya.

Disinggung terkait keberadaan sampah-sampah yang berjubel di beberapa titik di sepanjang jalan di Abang Batudinding menuju Terunyan, Yudi Sutha menagaskan sejatinya yang bertanggung jawab untuk memberihkan sampah-sampah itu desa setempat. Akan tetapi, nantinya pihaknya juga akan ikut membantu membersihkan sampah-sampah tersebut. “Kita juga akan ikut bantu dalam penanganan sampah itu. Kita harap jika sudah dibersihkan, jangan ada lagi warga yang membuang sampah disana,” harap Yudi Sutha. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.