DENPASAR, BALIPOST.com – Demi meningkatkan kedisplinan para generasi muda dan menghindari terjadinya kekerasan pada remaja, masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) harus dimanfaatkan. Dikatakan akademisi AA Ketut Ngurah Astara, MPLS sebaiknya dimanfaatkan untuk menanamkan kedisiplinan dan menanamkan pendidikan moral.

Ia mengutarakan kenakalan dan kekerasan pada remaja sudah saatnya diantisipasi. Dalam hal ini, MPLS harus dimanfaatkan. Ia menyarankan, MPLS sebaiknya dimanfaatkan untuk menanamkan nilai-nilai kedisiplinan dan pendidikan moral. “Pendidikan moral Pancasila sebaiknya terus ditanamkan pada masa pengenalan lingkungan sekolah,” katanya.

Dengan terbentuknya moral yang baik, kemungkinan terjadinya kekerasan pada remaja bisa diantisipisasi. Di samping itu, Astara menegaskan kedisplinan siswa merupakan modal utama bagi anak untuk menghadapi jenjang berikutnya, baik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ataupun dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

Baca juga:  Ortu Keluhkan Perintah Bawa Perlengkapan Tak Wajar

Lebih lanjut, Astara menjelaskan kesempatan dalam MPLS harus benar-benar dimanfaatkan oleh guru dan peserta didik. Peran guru dalam mengarahkan kedisiplinan dan menanamkan moral sangatlah penting. (kmb/balitv)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.