DENPASAR, BALIPOST.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) Ke-39 di Panggung Terbuka Ardha Candra, Art Center, Denpasar, Sabtu (10/6) malam. Pembukaan kali ini ditandai dengan pemukulan lesung.

Dalam pidatonya, Puan Maharani mengatakan seni dan budaya bagi Indonesia merupakan salah satu pilar di dalam membangun kepribadian bangsa yang berbhineka tunggal ika. Sekaligus memperkuat kearifan lokal sebagai falsafah nilai dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“PKB Ke-39 tahun 2017 mengangkat tema Ulundanu, melestarikan air sumber kehidupan. Tema ini diharapkan mampu menjadi refleksi kehidupan dalam rangka membangun kesadaran masyarakat terhadap kesadaran masyarakat akan arti pentingnya memuliakan serta menghargai air,” ujarnya.

Baca juga:  Dilantik Anggota MPR, Supadma Perkenalkan Gerakan Bela Budaya

Puan menambahkan, tema tersebut harus diimplementasikan dalam bentuk garapan seni tari dan tabuh. Selain untuk memperteguh seni budaya Bali, diharapkan juga PKB dapat memberikan dampak bagi perekonomian berbasis budaya masyarakat Bali. (Rindra/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.