Antisipasi Malware Ransomware WannaCry disosialisasikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). (BP/ant)
GIANYAR, BALIPOST.com – Mencuatnya Virus Ransomware WannaCrypt atau WannaCry menyerang berbagai fasilitas yang terhubung internet di berbagai belahan dunia memicu kekhawatiran. Namun untuk di wilayah Gianyar sejumlah pelayanan publik dipastikan belum terserang virus yang bisa meng-enkripsi seluruh file di sebuah komputer tersebut.

Kasat Lantas POlres Giaayr AKP Gede Aka Putra Astawa, Selasa (16/5), mengatakan pelayanan di kantor samsat dan SIM di Gianyar masih berjalan dengan baik. “Belum ada tanda-tanda virus itu menyerang pelayanan samsat ataupun SIM di Gianyar,” ucapnya.

Ia memperkirakan hal ini terjadi karena proses pengerjaan di kantor Samsat atau pelayanan SIM hanya berlaku di internal kantor. Jadi tidak ada komputer yang dioperasikan hingga ke luar jaringan kantor. “Walaupun kita menggunakan SIM online tapi itu berupa aplikasi, mngkin virus ini tidak sampai menyerang itu,” ujarnya.

Baca juga:  Puluhan Ribu Kendaraan Bermotor Nunggak Pajak

Meski demikian ia mengaku sempat khawatir dengan beredarnya isu virus tersebut. “Kalau sampai kena tentu kita akan kerepotan, ya semoga saja tidak sampai kena,” harapnya.

Senada disampaikan Humas PN Gianyar, Wawan Edi Prastyo. Dikatakan hingga Selasa sore, Virus tersebut tidak sampai di PN Gianyar. Meski ia sendiri sudah menerima informasi bahwa virus ini sudah terjadi di PN Tabanan. “Ya saya baca di situs Balipost.com, di Tabanan virus ini sudah masuk,” katanya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.