Suasana pendistribusian soal ujian di Bangli. (BP/dok)
BANGLI, BALIPOST.com – Sebanyak 162 sekolah dasar di Kabupaten Bangli bakal menggelar ujian sekolah berstandar nasional (USBN) secara serentak mulai Senin (15/5). Sesuai jadwal, USBN tingkat SD akan dilaksanakan selama empat hari ke depan.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bangli Nyoman Sedana saat dikonfirmasi Minggu (14/5) mengatakan, dari 164 sekolah dasar (SD) yang ada di Kabupaten Bangli hanya 162 SD yang melaksanakan USBN tahun ini. Dua sekolah lainnya yakni SDN 3 Dausa dan SD 9 Songan di Kecamatan Kintamani tidak melaksanakan USBN karena tidak memiliki siswa kelas VI. “Dari 162 SD jumlah siswa yang ikut USBN sebanyak 3.778 orang,” terangnya.

Baca juga:  Di Buleleng, 11.934 Siswa SD Ikuti USBN
Dijelaskan Sedana, sesuai yang telah dijadwalkan, USBN akan dilaksanakan selama empat hari. Pada hari pertama mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, disusul mata pelajaran IPA pada hari kedua, Matematika pada hari ketiga dan IPS dan PPKN pada hari keempat.

Sama seperti UN tingkat SMP, naskah soal USBN tingkat SD dibuat khusus oleh pusat berkolaborasi dengan MGMP (musyawarah Guru Mata Pelajaran) Kabupaten dengan bobot 75 persen dan 25 persen. Sementara pencetakannya dilakukan di Kabupaten.

Sedana mengatakan hingga Minggu sore, seluruh persiapan sudah rampung. Naskah soal yang disimpan di MKKS sudah siap diambil oleh panitia USBN masing-masing sekolah. “Mengenai pengawasnya hanya silang antar gugus,” jelasnya.

Mantan Kepala SMKN 1 Susut ini menambahkan, setelah mengikuti USBN, nantinya siswa SD akan mengikuti ujian sekolah sesuai jadwal yang telah ditentukan. Adapun mata pelajaran yang nantinya diujikan dalam ujian sekolah nantinya, yakni seluruh mata pelajaran yang diajarkan di sekolah di luar mata pelajaran yang telah di USBN-kan. (Dayu Swasrina/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.