Siswa SMP di Australia sedang belajar Bahasa Indonesia. (BP/par)
AUSTRALIA, BALIPOST.com – Bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran yang wajib diajarkan di Australia. Pemerintah setempat mewajibkan setiap sekolah memasukan bahasa asing dalam kurikulum, dan bahasa Indonesia menjadi bahasa favorit ketiga setelah bahasa Jepang dan Mandarin.

Jim Athanasiadis, Guru Bahasa Indonesia di Sekolah Browns Plains SHS, mengatakan Bahasa Indonesia diajarkan kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 7 hingga 8. Menurutnya, hampir seluruh wilayah di Australia mengajarkan Bahasa Indonesia.

“Sekolah diharuskan mengajarkan bahasa kedua, dan kami memilih Bahasa Indonesia untuk diajarkan pada anak didik kami,” ujar Jim saat ditemui, Senin (8/5).

Ia mengatakan pada saat tragedi bom Bali, 8-10 tahun setelah kejadian itu siswa dilarang pergi berkelompok ke Indonesia. “Ada delapan hingga sepuluh tahun setelah kejadian itu, siswa dilarang bepergian secara grup ke Indonesia. Namun mereka bisa berkunjung ke Indonesia dengan keluarga mereka,” terangnya.

Baca juga:  Siswa SD dan SMP Jembrana Tarikan Makepung Massal

Dikatakan, setelah lulus SMP, siswa diberikan kebebasan untuk memilih apakah mau melanjutkan belajar Bahasa Indonesia atau memilih kurikulum lainnya. “Program Bahasa Indonesia hanya diajarkan sampai kelas delapan, selebihnya siswa bisa memilih mau lanjut atau tidak,” pungkasnya. (Parwata/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.