DENPASAR, BALIPOST.com – Keberadaan sampah berupa ranting kayu yang terbawa arus laut, memenuhi Pantai Biaung, Kesiman Kertalangu. Aksi bersih-bersih sudah beberapa kali digelar, namun sampah kiriman tersebut kembali memenuhi areal pesisir Biaung.

Guna meminimalisasi sampah tersebut, Jumat (5/5), warga setempat bersama pegawai di Kesbangpol Kota Denpasar dan mahasiswa, kembali melakukan aksi bersih-bersih pantai dari tumpukan ranting. “Program yang dinamai Jumpa Berlian ini digelar rutin setiap Jumat bersama bapak angkat OPD Pemkot Denpasar. Kegiatan kebersihan rutin setiap bulan ini juga dilaksnakan krama banjar setempat,” ujar Perbekel Desa Kesiman Kertalangu I Made Suena, S.T.

Suena mengatakan, sampah yang ada di pesisir Pantai Biaung merupakan kiriman dari hulu. Setiap musim hujan tiba, Pantai Biaung selalu dibanjiri sampah kiriman, meski telah dilakukan antisipasi kebersihan secara rutin.

Tidak saja melibatkan warga banjar, mahasiswa hingga TNI dan Polri, kegiatan ini juga melibatkan kelompok nelayan yang secara rutin melakukan pembersihan pesisir pantai.

Baca juga:  Agar Tak Disorot Media Asing, Pantai Harus Bersih dari Sampah

Namun, kata Suena, hal ini belum dapat dilakukan secara maksimal. Pasalnya, volume sampah terlalu banyak.

Seperti dalam dua minggu terakhir, pihaknya sudah tiga kali menggelar bersih- bersih di Pantai Biaung ini. “Dengan melibatkan banyak unsur, pelaksanaan Jumpa Berlian hari ini, saya berharap Pantai Biaung bisa  bersih dari sampah,’’ ungkapnya.

Untuk mempermudah melaksanakan kebersihan ini, kata Suena, pihaknya meminta bantuan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar untuk mempersiapkan truck sampah dan truck ranger untuk mengangkut sampah-sampah tersebut.

Sementara itu, Seketaris Kesbangpol Kota Denpasar sekaligus anggota Tagana Kota Denpasar I Gusti Agung Putera Dhyana mengatakan, sebagai bapak angkat Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur, pihaknya selalu memberikan semangat, agar desa bisa tertata rapi dan bersih. Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. (Asmara Putera/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.