SEMARAPURA, BALIPOST.com – Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Bali Ny.Ayu Pastika didampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Ny. Ayu Suwirta dan undangan terkait menghadiri Kegiatan Pencanangan Gerakan Deteksi Dini Kanker Serviks dan kanker Payudara bertempat di Puskesmas Dawan II di Desa Gunaksa, Dawan Klungkung, pada kamis (27/4).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengharapkan agar masyarakat Klungkung bisa memanfaaatkan kegiatan deteksi dini ini dengan baik. Ia mengatakan pendeteksian dini bisa dilakukan di puskesmas dan rumah sakit yang ada di Klungkung sebagai langkah awal pendeteksian terhadap segala jenis penyakit kanker, baik penyakit kanker serviks maupun penyakit kanker lainnya. “Hal ini harus diikuti dengan pola hidup sehat yang dilaksanakan mulai dari keluarga, sekolah dan lingkungan sekitar,” ujar bupati.

Baca juga:  Pelantikan PPS dan PPK, Bupati Suwirta Minta Bertugas Independen

Sementara itu, Ayu Pastika menyampaikan pengenalan dini Kanker Serviks merupakan hal yang penting untuk menurunkan kasus baru, strategi yang perlu dilakukan melalui tindakan pencegahan dan deteksi dini. Pencegahan dan deteksi dini kanker serviks akan lebih mudah dilakukan.

Dikatakan Ayu Pastika, program Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) Test sangatlah penting untuk dilaksanakan. Oleh karena itu, program ini perlu diperkuat dan dikembangkan secara intensif dan berkesinambungan kepada ibu-ibu dan perempuan Indonesia.

Ny. Ayu Pastika menghimbau para orang tua, untuk memperhatikan pola makan anak sejak usia dini, lingkungan, dan pergaulannya. Anak juga harus dicek secara rutin untuk mencegah penyebaran penyakit kanker serviks dan kanker lainnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.