Vit B
Ilustrasi sumber vit B. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Masyarakat metropolitan pasti sudah biasa dengan yang namanya polusi udara. Karena umumnya, kota besar identik dengan tingginya polusi udara akibat asap kendaraan maupun pabrik.

Faktanya, polusi udara adalah sebuah unsur berbahaya yang dapat mengubah susunan genetik dari sistem daya tahan tubuh, sehingga membuat seseorang rentan terserang penyakit tertentu. Guna mencari solusi dari masalah polusi yang mengintai kota-kota besar di dunia, sebuah penelitian dilakukan di Amerika serikat.

Hasilnya menunjukkan bahwa vitamin B dapat memberikan perlindungan dari dampak buruk polusi udara. Penelitian itu menggunakan dosis vitamin B harian yang mencakup 2,5 mg asam folat, 50 mg vitamin B6, dan 1 mg vitamin B12 yang dianggap sebagai dosis baik untuk orang dewasa.

Pemberian dosis tersebut menunjukkan sederet manfaat baik pada susunan genetik dalam tubuh, yang diduga berkaitan dengan dampak buruk polusi udara. Namun demikian, para pakar menyampaikan bahwa mereka membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mempelajari manfaat vitamin B lebih dalam.

Meski perlu penelitian lebih lanjut, tak ada salahnya kita mulai rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B. Simak berbagai makanan sumber vitamin B kompleks, seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini:

Vitamin B1 (thiamine)
Vitamin B1 atau thiamine ditemukan dalam sereal, roti, pasta, sayuran berdaun hijau (seperti bayam, selada, kubis), kedelai, biji-bijian, ikan, telur, susu, gandum, dan kacang-kacangan.

Vitamin B2 (riboflavin)
Beberapa sumber makanan terbaik dari vitamin B1 adalah ayam, ikan, telur, kacang polong, susu, yogurt, keju, sayuran berdaun hijau, dan sereal.

Baca juga:  Cegah Anak Kecanduan Gadget, Orangtua Mesti Lebih Bijak

Vitamin B3 (niacin)
Makanan sumber vitamin B3 adalah ayam, salmon, dan tuna. Sementara vegetarian bisa mendapatkan asupan vitamin B3 dari pasta gandum dan biji-bijian.

Vitamin B5 (asam pantotenat)
Asam pantotenat bisa ditemukan dalam yogurt dan buah alpukat. Namun jika Anda tidak suka keduanya, vitamin B5 juga bisa didapatkan dalam ketela rambat, jamur, dan brokoli.

Vitamin B6 (pyridoxine)
Makanan seperti kentang, buncis, daging merah, unggas, telur, dan sereal adalah sumber vitamin B6 yang baik.

Vitamin B7 (biotin)
Hati dan telur adalah sumber makanan yang baik dari biotin. Bukan cuma itu, salmon, daging babi, dan buah alpukat juga merupakan makanan yang mengandung banyak biotin atau vitamin B7.

Vitamin B9 (asam folat)
Sayuran berdaun hijau merupakan sumber utama dari vitamin B kompleks jenis asam folat. Selain itu, hati, jus jeruk, dan buah-buahan segar juga memberi asupan asam folat bagi tubuh.

Vitamin B12 (cobalamin)
Makanan yang berasal dari hewan adalah sumber alami vitamin B12. Sebut saja ikan, daging emrah, unggas, keju, susu, dan telur. Namun beberapa produk kedelai dan sereal terkadang juga memiliki kandungan vitamin B12 buatan.

Itulah berbagai makanan makanan sumber vitamin B kompleks. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan seluruh vitamin tersebut setiap hari. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.