Klungkung Gelar Mapepada
Klungkung gelar mapepada yang dihadiri Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta (baju putih), pada Minggu (26/3). (BP/dwa)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Jelang upacara Tawur Kesanga, Klungkung gelar mapepada. Upacara jelang Nyepi ini digelar di catus pata (perempatan) Kota Semarapura, Minggu (26/3).

Upacara mapepada merupakan salah satu rangkaian upacara tawur Kesanga hari raya suci Nyepi tahun baru caka 1939. Kali ini Desa Adat Budaga, Kecamatan Klungkung selaku pengerajeg (penyanggra) upacara mapepada dan tawur kesanga.

Mapepada sendiri bertujuan untuk menyucikan semua jenis wewalungan (sarana upacara) yang akan dipergunakan dalam upacara tawur kesanga pada Senin (27/3).

Panitia upacara tawur kesanga Kabupaten Klungkung, Dewa Soma mengatakan, upacara tawur kesanga kali ini menggunakan berbagai jenis wewalungan. Sebelum digunakan dalam upacara tawur, semua jenis wewalungan tersebut terlebih dahulu disucikan dengan upacara mapepada.

Baca juga:  Siaga Nyepi, 173 Personel Disiapkan di Ketapang
Berbagai sarana upacara tersebut meliputi kerbau, banteng, kambing hitam, asu blangbungkem, bawi belang, ayam manca dan ayam penyirang, bebek belang kalung dan putih, penyu dan sarana upakara lainnya. “Dengan upacara mapepada ini semua jenis wewalungan disucikan sehingga dalam penjelmaannya nanti bisa lebih baik,” ujar Dewa Soma.

Upacara tetap berlangsung lancar meskipun hujan deras mengguyur sepanjang pelaksanaan upacara. Pada upacara kali ini dihadiri Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang didampingi Ny. Ayu Suwirta, KPD di lingkup Pemkab Klungkung serta warga masyarakat Klungkung lainnya. Dalam upacara mapepada diisi dengan mapurwadaksina semua jenis wewalungan. Persembahyangan bersama dipuput Ida Pedanda gede Made Tembau dari Griya Kulon. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.