Tim Basarnas saat melakukan simulasi penanggulangan erupsi Gunung Agung. (BP/dok)
AMLAPURA, BALIPOST.com – Menjelang perayaan Nyepi tahun baru caka 1939, Selasa (28/3) nanti, polisi mulai menyiapkan langkah-langkah pengamanan. Mapolres Karangasem menggelar rapat koordinasi lintas lembaga di Aula Dira Brata Polres Karangasem, Kamis (15/3).

Seluruh lembaga terkait diminta benar-benar menyiapkan diri, agar siap menghadapi segala kemungkinan terburuk yang terjadi saat pelaksanaan hari raya Nyepi. Kapolres Karangasem, AKBP Sugeng Sudarso, saat memimpin rapat itu, persiapan pengamanan jelang Nyepi ini sangat diperlukan, agar bersama – sama menjaga ketertiban, keamanan dan lancarnya rangkaian hari raya Nyepi.

Baca juga:  Amankan Rangkaian Nyepi, Polda Kerahkan Ribuan Personel
Dari Basarnas, diimbau kepada para pendaki gunung untuk tidak melakukan pendakian Gunung Agung saat Nyepi. Mereka diminta berkoordinasi dengan guide lokal setempat, sehingga tidak mengganggu umat yang melaksanakan catur brata penyepian.

Demikian juga Ketua MUI Karangasem H.M Mursyid, menegaskan, terkait dengan perayaan Nyepi, MUI sudah menyampaikan kepada masyarakat muslim untuk mendukung dan ikut mengamankan kegiatan keagamaan umat Hindu. “Keamanan dan toleransi yang telah terbangun selama ini, sekuat tenaga harus terus dipertahankan,” kata Mursyid.

Ketua FKUB I Wayan Sudiarsa, mengapresiasi Kapolres Karangasem yang telah memfasilitasi koordinasi lintas lembaga ini. “Hasil pertemuan ini akan kami sosialisasikan kepada Forum Kerukunan Antar Umat Bergama yang ada di Karangasem. Serta meminta partisipasi dan menghormati atau menjaga toleransi antar umat yg telah terjalin selama ini, agar dapat terus ditingkatkan,” tegasnya. (Bagiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.