JAKARTA, BALIPOST.com – Ketua DPR RI Setya Novanto membuka pameran “Pameran Keris Nasional. Pesona Keris Bali dan Lombok”, di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Rabu (15/3). Pembukaan pameran Keris bersamaan dengan dibukanya masa awal persidangan keempat DPR RI periode 2016-2017. “Karena tak bendawi, keris penuh dengan nilai tak tampak seperti makna dan filososfi. Kita harus bangga, ini menunjukan bahwa kita adalah bangsa yang luhur,” kata Setya Novanto dalam sambutannya.

Pameran tersebut menurutnya merupakan wujud nyata komitmen DPR RI dalam mengapresiasi dan memajukan seni dan budaya bangsa. Terutama dalam melestarikan Keris sebagai benda pusaka bangsa. “Seperti kita ketahui, sejak tahun 2005, UNESCO telah mengakui Keris sebagai karya agung warisan kemanusiaan tak bendawi,” ujarnya.

Ia berharap melalui pameran ini, dirinya dapat mengajak semua pihak untuk mencintai seni dan budaya bangsa. “Jangan sampai karya seni dan budaya bangsa, seperti Keris yang mempunyai nilai adiluhung, kemudian ditinggalkan. Jangan sampai kita justru mengadopsi budaya luar yang belum tentu sejalan dengan jiwa Bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Baca juga:  Kedatangan Komisi VII DPR RI Direspon Aksi Tolak Reklamasi di Teluk Benoa
Novanto menjelaskan pameran ini adalah Pameran Keris kedua yang diselenggarakan DPR RI. Sebelumnya, DPR RI juga pernah menggelar pameran batu akik dari berbagai daerah, lukisan karya para maestro lukis Indonesia, batik dari seluruh penjuru nusantara, dan berbagai pameran seni budaya lainnya.

“Kesenian dan kebudayaan adalah kekayaan sekaligus kebanggaan nasional. Kita harus cintai, jaga dan lestarikan,” tegasnya. (Hardianto/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.