Ritual penyucian digelar di Pura Taman Sari Budakeling. (BP/kmb)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Sebanyak 80 sulinggih Siwa-Buda mengadakan ritual penyucian jagat di Pura Taman Sari, Desa Budaleking, Kecamatan Bebandem, Karangasem. Prosesi ritual di salah satu pura sad kahyangan jagat itu berlangsung Minggu (26/2), diikuti sejumlah tokoh, kepala daerah dan mantan kepala daerah di Bali, termasuk Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri.

Riual penyucian jagat yang dilakoni para sulinggih tersebut merupakan kegiatan keagamaan untuk meningkatkan kehidupan spiritual. Ritual di pura yang merupakan stana dari Danghyang Asta Paka itu ditandai persembahyangan bersama, melaksanakan meditasi dan japa.

Baca juga:  Lagi, Puluhan PMI Dipulangkan Usai Jalani Masa Karantina

Para tokoh yang hadir di antaranya Wakil Gubernur Ketut Sudikerta, Walikota Denpasar IB Rai Mantra, Bupati Gianyar AA Gede Beratha dan mantan Gubernur Bali Dewa Made Berata..

Bupati Mas Sumatri menyampaikan terimakasih atas kehadiran para sulinggih yang melakukan perjalanan suci di Karangasem. Perjalanan suci itu tak hanya meningkatkan sradha dan bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, tapi juga mempererat rasa kebersamaan.

Baca juga:  Pembangunan di Stadion Wikrama Mandala Dicek Bupati Dana

Kehadiran para sulinggih dan tokoh-tokoh Bali di Bumi Tanah Aron juga telah menumbuhkan rasa bangga pemerintah dan masyarakat Karangasem. “Perjalanan suci para sulinggih menghadirkan kekuatan bagi kami dalam mewujudkan Karangasem Cerdas, Bersih dan Bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana,” ujarnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *