Televisi nasional Iran menayangkan poster almarhum Presiden Iran Ebrahim Raisi, Minggu (19/5/2024). (BP/Ant)

TEHERAN, BALIPOST.com – Setelah kematian Presiden Ebrahim Raisi, pendaftaran kandidat pemilihan presiden di Iran, yang dipercepat, akan dimulai pada 30 Mei.

Daftar calon presiden akan diumumkan pada 11 Juni, menurut kepala kantor pusat pemilihan provinsi seperti dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (26/5).

“Pendaftaran kandidat akan dilaksanakan pada 30 Mei hingga 3 Juni, dan verifikasi kepatuhan akan dilangsungkan pada 4-10 Juni. Daftar akhir kandidat akan diumumkan pada 11 Juni,” kata pejabat tersebut.

Baca juga:  Amankan Pilkada, Bangli Siapkan Rp 6,8 Miliar

Kandidat dapat menggelar kampanye pilpres selama dua minggu dari 12-26 Juni, katanya menambahkan.

Pekan lalu, Presiden Raisi melakukan perjalanan ke Azerbaijan untuk mengikuti upacara pembukaan bendungan Giz Galasi dan pembangunan bendungan Khudafarin di perbatasan.

Helikopter Raisi jatuh dalam perjalan pulang ke Iran, menyebabkan presiden dan anggota rombongan, yang termasuk di antaranya adalah Menteri Luar Negeri Amirabdollahian, kehilangan nyawa.

Hasil penyelidikan awal yang resmi dilakukan pemerintah menyimpulkan bahwa helikopter itu terbakar setelah menabrak puncak bukit akibat kabut tebal. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Putusan MKMK Berpengaruh Pada Pendaftaran Capres dan Cawapres

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *