Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bidang Sumber Daya Air Firdaus Ali dalam konferensi pers di Badung, Bali, Senin (20/5/2024). (BP/Ant)

BADUNG, BALIPOST.com – Banyak negara tertarik untuk mewujudkan Global Water Fund di World Water Forum. Hal itu dikatakan Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bidang Sumber Daya Air Firdaus Ali.

“Global Water Fund tadi, banyak (negara) yang sudah menunjukkan keinginannya,” ujar Firdaus dalam konferensi pers di Badung, Bali, dikutip dari kantor berita Antara, Senin (20/5).

Firdaus mengungkapkan, sejumlah negara yang berpotensi mendukung pendirian Global Water Fund, yakni China, Korea Selatan, Jepang, Belanda, serta Amerika Serikat. Negara-negara tersebut, kata Firdaus, merupakan negara dengan kemampuan fiskal yang kuat.

Baca juga:  Dewan Terima Banyak Pengaduan Soal Nasib Tenaga Kontrak

“Negara tetangga kita juga melihat (Global Water Fund). Singapura melihat bahwa investasi di sektor air Indonesia itu juga paling seksi dibandingkan dengan negara lain,” kata Firdaus.

Selain Singapura, Thailand dan Malaysia juga memiliki minat yang sama terkait dengan pendirian Global Water Fund.

Menurut Firdaus, yang memicu ketertarikan dari negara-negara tersebut adalah adanya inisiatif dan komitmen politik dari para pemimpin negara. “Inisiatif tanpa komitmen politik tidak akan menjadi apa-apa,” ujar Firdaus.

Baca juga:  Disiplin Prokes Menurun, Petugas Kembali Terapkan Sanksi Denda

Melalui World Water Forum, Firdaus mengatakan bahwa negara-negara lain telah melihat keseriusan dan komitmen Indonesia dalam rangka mengatasi isu air.

“Presidennya turun tangan, Menko-nya turun, semuanya turun. Jadi, mereka (negara lain) lihat komitmen yang sangat kuat dari Indonesia,” kata Firdaus.

Dengan demikian, ia berharap melalui World Water Forum, dapat tercapai kesepakatan lanjutan terkait Global Water Fund. Firdaus meyakini, langkah tersebut dapat menjadi solusi untuk mengatasi hambatan fiskal terkait proyek-proyek air.

Baca juga:  Dua Bulan, Satreskrim Tangkap 11 Tersangka

“Makanya kita punya beberapa high level panel (panel tingkat tinggi) yang akan membahas itu (Global Water Fund),” kata Firdaus.

Pemerintah Indonesia mendorong pembentukan Global Water Fund di ajang World Water Forum ke-10, untuk merespons ketimpangan anggaran dan mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 6, yaitu pemenuhan akses air bersih dan sanitasi bagi semua. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *