Touring- Bupati Karangasem, I Gede Dana mengajak jajaran OPD terkait untuk melakukan aktivitas touring, OPD pada Jumat (17/5). (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bupati Karangasem, I Gede Dana mengajak jajaran OPD terkait untuk melakukan aktivitas touring pada Jumat (17/5).

Kegiatan tersebut bukan sekedar untuk hiburan semata, melainkan untuk mengecek kondisi infrastruktur jalan lingkar Seraya-Amed yang sedang dalam proses peningkatan kualitas.

Touring dimulai dari Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, diikuti oleh ratusan kendaraan roda dua. Rombongan melewati Tirtagangga menuju Amed dan berhenti di sunset point Amed untuk menyerahkan paket sembako kepada masyarakat setempat.

Perjalanan dilanjutkan ke Desa Bunutan. Rombongan juga memberikan bantuan sembako di Dusun Kusambi sebelum berakhir di Taman Sukasada Ujung untuk acara makan malam sambil memanggang ikan.

Baca juga:  Monev di Nusa Penida, Wabup Kasta Temukan Dua Proyek Fisik Molor

Di sela-sela kegiatan touring, Bupati Gede Dana mengungkapkan, kegiatan touring ini bertujuan supaya para pimpinan OPD dapat melihat langsung potensi pariwisata di kawasan Amed hingga Seraya Timur yang dinilai setara dengan daerah lain di Bali, meskipun masih terkendala oleh keterbatasan infrastruktur.

“Potensi pariwisata kita tidak kalah dengan Kabupaten Badung, namun akses infrastruktur yang belum memadai,” ujarnya.

Gede Dana mengatakan, Pemerintah Pusat telah mengalokasikan dana sekitar Rp 24 miliar pada tahun 2023 untuk perbaikan jalan lingkar Seraya-Amed, mencakup sekitar 6 kilometer dari wilayah Seraya Timur hingga perbatasan Desa Bunutan.

Baca juga:  Dua Persoalan Ini Jadi Keluhan Utama Wisatawan Tiongkok

“Tahun ini Pemerintah Pusat kembali menyiapkan anggaran sebesar Rp 59 miliar untuk melanjutkan perbaikan dari Dusun Kusambi, Desa Bunutan hingga Amed, dengan panjang jalan yang ditangani sekitar 10 kilometer,” katanya.

Menurut Gede Dana, pihaknya terus berupaya melobi pemerintah pusat agar seluruh jalan lingkar yang tersisa, sepanjang 17 kilometer, dapat diperbaiki pada tahun 2025. “Kami, bersama Wakil Bupati dan OPD, akan terus memperjuangkan ini ke pemerintah pusat agar seluruh jalan dapat diselesaikan sehingga kawasan pariwisata di Seraya dan Amed dapat berkembang dengan baik,” jelasnya.

Baca juga:  Cek Fasos dan Fasum, DPRD Denpasar Temukan Perbedaan Data

Lebih lanjut HUT dikatakannya, selain mengecek kondisi jalan, touring ini juga bertujuan untuk melihat potensi pariwisata dan memberikan bantuan kepada masyarakat. “Kami touring di samping melihat potensi pariwisata, juga melihat kondisi jalan, sekaligus menyerahkan paket sembako kepada warga,” imbuh Gede Dana. (Adv/Balipost)

 

BAGIKAN