MANGUPURA, BALIPOST.com – Desa Adat Umahanyar,  Mambal, Kecamatan Abiansemal menggelar upacara Memben serangkaian Karya Agung Mamungkah, Ngenteg Linggih, Padudusan Agung, Medasar Tawur Balik Sumpah Madya. Puncak upacara yang diselenggarakan di Pura Kahyangan Tiga dan Pura Merajapati Desa adat setempat ini jatuh pada Buda Kliwon Wuku Matal bertepatan dengan Tilem Jiyestha pada Rabu, 8 Mei 2024.

I Ketut Nurija, selaku Manggala Karya sekaligus Bendesa Adat Umahanyar Mambal, menjelaskan rangkaian upacara ini melibatkan sekitar 250 Kepala Keluarga (KK) dan dimulai sejak tanggal 24 Maret dengan serangkaian persiapan seperti nunas ica, pewintenan prajuru adat, panitia, dan serati banten. Upacara penyineban, yang merupakan bagian dari rangkaian tersebut, direncanakan akan dilaksanakan pada 13 Mei mendatang.

Baca juga:  Gerakan Entrepreneur Wujudkan Bali Era Baru

Selain mendapatkan dukungan dari hibah karya dan dana APBD Induk Pemerintah Kabupaten Badung Tahun 2024, biaya upacara ini juga disokong oleh punia/urunan dari krama setempat. Hal ini menunjukkan tingginya semangat kebersamaan dan komitmen masyarakat dalam menjaga dan melestarikan tradisi adat serta kepercayaan lokal.

Sementara Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa yang hadir dalam kesempatan itu menyerahkan bantuan hibah karya dari APBD induk tahun 2024 sebesar Rp1 miliar untuk Pura Kahyangan Tiga dan Rp400 juta untuk Pura Merajapati Desa Adat Umahanyar, Mambal dan secara pribadi dirinya menyerahkan punia sebesar Rp10 Juta  untuk kedua pura tersebut.

Baca juga:  Bersiap PTM, Guru di Petang Jadi Target Vaksinasi

Dalam sambutannya, Sekda Adi Arnawa meminta agar seluruh Krama Desa Adat Umahanyar, untuk guyub dan bersatu, dan mendoakan agar target Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Badung memenuhi target yang sudah ditentukan, agar pemerintah dapat tetap memberikan bantuan kepada krama di Desa Adat Umahanyar, Mambal. Ia meminta krama agar guyub dan bersatu, kalau sudah bersatu di Pemerintahan Kabupaten Badung bisa tetap memberikan bantuan kepada krama di sini. (Parwata/balipost)

Baca juga:  Desa Adat Kelecung Kembangkan Wisata Religius

Tonton selengkapnya di video

BAGIKAN