Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kanan) bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Arotedjo menyalami para pemain Timnas Indonesia U-23 usai laga melawan Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024 di Qatar, Senin (29/4/2024). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Generasi emas sepak bola Indonesia telah lahir melalui prestasi timnas Indonesia U-23. Demikian dikatakan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir.

“Generasi emas sepak bola Indonesia telah lahir. Namun ini tak membuat kami berpuas diri,” ujar Erick seperti dikutip dari akun Instagram pribadi @erickthohir di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Senin (6/5).

Ia mengatakan, untuk menemukan generasi emas sepak bola sebuah negara tidak mudah. Erick mencontohkan seperti ketika Belgia menemukan generasi emas mereka, demikian juga di Portugal.

Baca juga:  18 Tim Ikuti Piala Menpora U-14

Lahirnya generasi emas sepak bola, kata dia, saat ini sedang terjadi di Indonesia. “Dan ini bukan sebagai putaran generasi emas setiap lima tahun. Belum tentu 20 tahun dapat,” ujarnya.

Oleh sebab itu, generasi emas saat ini dipersiapkan dengan berbagai program. Erick mencontohkan seperti upaya memperkuat mental para pemain dengan menghadirkan pertandingan lawan Argentina.

Selain itu, PSSI juga memberikan target-target, termasuk kepada pelatih Shin Tae-yong dalam menghadapi setiap kompetisi.

Baca juga:  Tim Denpasar Kawinkan Emas Sepak Bola dan Sepak Bola Pantai

“Jadi ketika pemain melihat coach Shin Tae-yong ditargetkan 16 besar atau 8 besar, ya mereka akan menjadi bagian dari itu,” ujarnya.

Erick menyebutkan, kelahiran generasi emas sepak bola Indonesia terbukti dengan berbagai prestasi yang mampu diraih seperti menjadi juara SEA Games 2023 setelah 32 tahun.

Garuda Muda juga lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024 dan saat ini sedang bersiap melakoni laga melawan wakil dari Afrika, Guinea, untuk memperebutkan tiket berkompetisi pada Olimpiade Paris 2024.

Baca juga:  Ridwan Kamil Pulang ke Indonesia, Pencarian Emmeril Tetap Dilanjutkan

Timnas senior, kata dia, juga untuk pertama kalinya lolos melaju ke 16 besar Piala Asia 2023.

Ia menambahkan, upaya meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia akan terus dijalankan agar ke depan semakin banyak prestasi yang bisa dicapai untuk membanggakan Indonesia. “Persaingan ke depan semakin ketat dan penuh tantangan. Tetap kerja keras dan pantang menyerah,” pungkasnya.

Erick pun meminta doa dan dukungan seluruh elemen masyarakat Indonesia agar timnas terus mencetak prestasi di kancah internasional. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *