Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gunawan Suswantoro (kiri) menyambut kedatangan atlet ASEAN Para Games 2023 Kamboja kontingen National Paralympic Comittee (NPC) Indonesia saat tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (10/6/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Untuk kepulangan para atlet Indonesia usai mengikuti ASEAN Para Games (APG) 2023 Kamboja pada Sabtu (10/6), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mencarter dua pesawat.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan, hal itu dilakukan sebagai upaya untuk memastikan kenyamanan para atlet yang telah tampil luar biasa selama mengikuti pesta olahraga multicabang khusus tersebut. “Kemenpora memang sengaja mencarter pesawat Garuda untuk kontingen Indonesia yang berlaga di ASEAN Para Games 2023 Kamboja, untuk kenyamanan mereka di dalam perjalanan, karena misi mereka sangat berat, yakni mempertahankan gelar juara umum,” kata Menpora Dito dalam keterangan tertulis yang diterima pewarta di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (11/6).

Baca juga:  Yunnan Sambut Kesiapan Bertukar Wisatawan Dengan Indonesia

“Alhamdulillah, fasilitas dari kami berdampak positif, mereka mampu meraih gelar hattrick juara umum,” tambahnya.

Pada saat keberangkatan, Kemenpora juga memfasilitasi pesawat carter untuk mengantar kontingen Indonesia berlaga di ASEAN Para Games 2023 yaitu dari Solo menuju Phnom Penh pada 31 Mei.

Sementara itu, saat tiba kembali di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, kontingen Indonesia disambut oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan Sekretaris Kemenpora Gunawan Suswantoro.

Baca juga:  Visa Miliarder Dunia Dapat Gerakan Perekonomian Indonesia

“Saya mewakili Menpora Dito Ariotedjo menjemput langsung kedatangan para atlet Indonesia usai berjuang di ASEAN Para Games 2023 Kamboja. Pemerintah bangga atlet para games kita bisa menjadi juara umum sekaligus hattrick. Ditambah lagi banyak cabang olahraga yang melampaui target, tentu hasil ini sangat baik untuk persiapan menuju Asian Para Games 2023 Hangzhou,” kata Gunawan.

Gunawan juga menambahkan para atlet yang berprestasi di ASEAN Para Games akan menerima bonus dari pemerintah yang nilainya setara dengan atlet SEA Games 2023.

Baca juga:  Seorang PMI asal Bangli Dipulangkan Pasca Gempa di Turki

Indonesia mampu tampil digdaya pada ASEAN Para Games 2023 Kamboja dengan mengoleksi 159 medali emas, 148 medali perak, dan 92 medali perunggu. Hal itu menjadikan Indonesia tampil sebagai juara umum untuk ketiga kalinya secara beruntun di ajang ASEAN Para Games. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *