Ilustrasi konter check in penerbangan di bandara. (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST. com – Delegasi World Water Forum 2024 setingkat Kepala Negara yang masuk ke Indonesia melalui Bandar Udara Internasional dipastikan diperiksa pihak Imigrasi di gedung VVIP.

Sedangkan untuk delegasi setingkat menteri, Direktur Lalu Lintas Keimigraaian Ditjen Imigraai Kemenkumham Felucia Sengky menyebutkan pemerikaaan bakal dilakukan di gedung VIP.

“Kami sudah melakukan mapping dan plotting terhadap para petugas. Kami juga sudah siapkan mobile unit yang digunakan pemeriksaan keimigrasian bagi para delegasi setingkat VVIP atau VIP,” kata Felucia dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (3/5).

Baca juga:  Ketahuan Bekerja, Imigrasi Janji Tindak Tegas WNA Pemegang Visa Kunjungan

Selain itu, kata dia, beberapa sign board atau papan tanda pada beberapa titik strategis guna memudahkan kedatangan para delegasi melalui jalur khusus pada terminal kedatangan juga telah disiapkan untuk menyambut para delegasi.

Adapun untuk pemeriksaan delegasi ldiainnya di luar VVIP dan VIP, ia menyebutkan akan dilakukan di terminal kedatangan internasional.

Felucia menjelaskan, pihaknya menyiapkan tiga konter/galeri khusus dengan total 12 petugas untuk para delegasi World Water Forum ke-10 yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 18-25 Mei 2024. Dengan demikian, persiapan penyambutan delegasi sudah rampung.

Baca juga:  BI Lanjutkan Pelonggaran Ketentuan DP Pembiayaan Kendaraan dan Properti

Untuk penumpang reguler, terdapat total 30 unit autogate atau gerbang otomatis dan 10 galeri pemeriksaan dengan 40 petugas.

“Imigrasi siap mendukung penyelenggaraan World Water Forum. Kami akan terus monitor perkembangan situasi dan kondisi di lapangan,” tuturnya.

World Water Forum menjadi pertemuan internasional terbesar yang membahas dan merumuskan kebijakan tata kelola air dan sanitasi dunia. Forum tersebut pertama kali digelar pada 1997, dengan Kota Marrakesh, Maroko bertindak sebagai tuan rumah (host country) dan Dewan Air Dunia (World Water Council/WWC) selaku co-host.

Baca juga:  Imigrasi Tegaskan Indonesia Bukan Destinasi Pelarian Buron Negara Lain

Pertemuan selanjutnya kemudian dilakukan setiap 3 tahun sekali dengan mengundang peserta dari berbagai sektor, baik pemerintahan, akademisi, lembaga swadaya masyarakat (LSM), swasta, maupun komunitas peduli air lainnya.

Pada tahun ini, World Water Forum diselenggarakan di Bali, Indonesia pada 18-25 Mei 2024 dengan mengusung tema Air Untuk Kesejahteraan Bersama, yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai ketua umum dan Menteri Perencanaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai ketua harian. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN