Bantuan- Bupati Kabupaten Karangasem I Gede Dana penyerahan bantuan stimulan Dana Siap Pakai (DSP) BNPB untuk korban bencana gempa bumi di Kabupaten Karangasem tahun 2021 di Desa Ban Kecamatan Kubu dan Desa Pempatan Kecamatan Rendang, Sabtu 27/4). (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bupati Karangasem I Gede Dana penyerahan bantuan stimulan Dana Siap Pakai (DSP) BNPB untuk korban bencana gempa bumi di Kabupaten Karangasem tahun 2021 di Desa Ban Kecamatan Kubu dan Desa Pempatan Kecamatan Rendang, Sabtu 27/4).

Sebelum acara seremonial, Bupati I Gede Dana beserta rombongan berkunjung ke Kantor Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, untuk menemui salah satu warga penerima bantuan renovasi bedah rumah. Bupati Dana secara langsung memeriksa hasil pengerjaan pembangunan rumah dan berharap agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga penerima.

“Sebanyak 292 unit rumah aman gempa telah selesai dikerjakan, sebagai bagian dari bantuan stimulan perbaikan rumah rusak berat pasca bencana pada tahun 2023. Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga yang menerima. Kita juga berharap semoga Karangasem terhindar dari bencana,” ujar Gede Dana.

Baca juga:  WHO Serukan Bantuan Gempa Bumi di Turki dan Suriah

Gede Dana mengatakan, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui BPBD telah memberikan bantuan stimulan perbaikan rumah rusak berat akibat bencana gempa bumi yang terjadi pada tanggal 16 Oktober 2021. Bantuan ini diberikan melalui Dana Siap Pakai yang sebelumnya telah diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Karangasem ke BNPB.

Bupati Karangasem I Gede Dana mengatakan, sebelum bantuan ini diserahkan, lebih dulu dilaksanakan verifikasi dan validasi uji publik yang dilakukan oleh tim teknis Jitu Pasna Kabupaten Karangasem, sebanyak 292 unit rumah mendapatkan bantuan stimulan perbaikan rumah rusak berat dengan nominal 50 juta rupiah per unit, untuk membangun rumah yang layak huni dan aman gempa. Dengan rincian, Pembangunan rumah sebanyak 268 di desa Ban, Kecamatan Kubu, tersebar di 13 (tiga belas) Dusun/ Wilayah yakni Dusun Jatituhu (69), Dusun Temakung (42), Dusun Cutcut (2), Dusun Manikaji (50), Dusun Daya (30), Dusun Cegi (14), Dusun Bonyoh (3), Dusun Pengalusan (8), Dusun Bunga (20), Dusun Darmaji (20), Dusun Diundungan (3), Dusun Belong (2), dan Dusun Pucang (5). Sedangkan, di Desa Pempatan Kecamatan Rendang sebanyak 24 (dua puluh empat) unit yang tersebar di 6 (enam) Dusun/ Wilayah yakni Dusun Teges (5), Dusun Waringin (1), Dusun Alasngandang (6), Dusun Keladian (2), Dusun Pemuteran (2), dan Dusun Kubakal (8).

Baca juga:  Mayat Tanpa Busana Mengambang di Pantai Ulakan Manggis

“Pembangunan dilakukan secara bersamaan dan telah selesai tahun 2023. Hari ini, berita acara serah terima dilaksanakan sebagai bukti autentik bahwa pembangunan bantuan rumah telah selesai. Meskipun medan yang berat sempat menjadi kendala, namun semua dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu,” katanya

Dia menjelaskan, dengan adanya bantuan ini dan penyerahan berita acara, diharapkan masyarakat dapat kembali menjalani kehidupan yang lebih baik dan aman dari bencana. “Bagi masyarakat, berita acara ini sebagai bukti autentik bahwa rumah ini menjadi hak mereka sepenuhnya dan dipelihara sebaik-baiknya,”tutupnya. (Adv/Balipost)

Baca juga:  Apel HUT Kota Semarapura, Diwarnai Pemecahan Celengan

 

BAGIKAN