Petugas mengecek kesiapan jaringan internet di periode RAFI 2024. Trafik akses internet Telkomsel meningkat 12,87 persen dibandingkan hari biasa 2024 atau 15,08 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pelaksanaan Ramadan dan Idulfitri (RAFI) telah selesai seiring berakhirnya cuti bersama pada Senin (15/4). Dalam periode tersebut, terjadi peningkatan trafik layanan digital Telkomsel yang signifikan. Bahkan, layanan digital untuk mobile gaming mengalami lonjakan tertinggi.

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono mengatakan Telkomsel mencatatkan peningkatan trafik internet mencapai 12,87 persen dibandingkan hari biasa 2024 atau 15,08 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya. Selama periode RAFI 2024, lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan pada pemanfaatan layanan digital untuk mobile gaming melonjak 78,51 persen.

Baca juga:  Jelang KTT Asean, Konektivitas Digital di Labuan Bajo Dimaksimalkan

Ditambahkannya, kenaikan juga terjadi pada layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) sebesar 28,52 persen, video streaming tumbuh 15,94 persen, akses e-commerce naik 15,77 persen, akses media sosial naik 14,07 persen, dan akses browsing tumbuh 9,74 persen. “Beragam upaya yang telah dilakukan oleh Telkomsel ini sejalan dengan komitmen sebagai digital telco service provider terdepan di Indonesia. Kami juga bersyukur dapat mengawal dan melayani pelanggan setia tanpa gangguanyang berarti pada momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (16/4).

Disampaikannya, Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti WhatsApp (naik 40,09 persen), Instagram (naik 24,51 persen), TikTok (naik 17,82 persen), YouTube (naik 15,28 persen), dan Facebook (naik 11,17 persen). Kemudian untuk trafik layanan SMS tercatat turun10,40 persen dan layanan suara turun sekira 18,52 persen dibandingkan hari biasa.

Baca juga:  Pemerintah Lindungi Obat Favipirapir Dengan Hak Paten

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi pada pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen RAFI 2024 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa. Data Telkomsel menunjukkan 5 wilayah kota/kabupaten di Indonesia yang memiliki pertumbuhan trafik penggunaan data tertinggi, yakni Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) tercatat mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 57,42 persen, diikuti Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) naik sekira 55,25 persen, Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) naik 54,48 persen, Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) naik 47,11 persen, dan Kabupaten Cirebon (Provinsi Jawa Barat) naik 34,49 persen.

Baca juga:  Dukung PJJ, Akses Edutech dan E-Learning 10 GB Dihadirkan

Sejalan dengan prediksi pemerintah yang mengatakan terjadi peningkatan arus mudik hingga 56% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, data Telkomsel juga menunjukkan bahwa Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Cilacap menjadi 5 wilayah destinasi tujuan mudik yang mengalami pergerakan pelanggan Telkomsel paling signifikan. Saki lebih lanjut menambahkan bahwa peningkatan signifikan trafik internet Telkomsel merupakan bukti nyata dari kepercayaan pelanggan dalam menggunakan layanan Telkomsel. (kmb/balipost)

BAGIKAN