Sejumlah penumpang turun dari kapal di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Ribuan kendaraan roda empat (KK) mulai masuk ke Bali pada musim mudik Lebaran ini. Sebagian besar mobil ini berplat nomor di sejumlah daerah Pulau Jawa dengan tujuan berlibur ke Bali.

Sejak akhir pekan lalu, mobil-mobil plat luar Bali ini mulai ramai masuk dengan tujuan Denpasar. Termasuk pada Senin (8/4) saat kondisi arus mudik di Gilimanuk lengang.

Setiap kapal yang bersandar penuh dengan mobil atau kendaraan kecil. Sejumlah pengendara kendaraan kecil itu mengaku hendak berlibur ke Bali.

Baca juga:  Pascadirazia, Diskotek Pyramid Dipasang Garis Polisi

“Rencana lima hari di sini bersama keluarga. Setiap libur lebaran kami manfaatkan untuk liburan. Lebaran lalu ke Malang. Sebelum-sebelumnya juga ke sini (Bali),” ujar Rudi (35) warga Surabaya.

Ia mengaku perjalanan dari Surabaya lebih singkat dibandingkan sebelumnya setelah Tol dibuka. Termasuk menyeberang juga tidak sampai antre dari Ketapang.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun dari ASDP Cabang Ketapang, tercatat rerata jumlah orang yang masuk Bali mencapai 21.425 orang. Sedangkan roda empat (KK) mencapai 2027 unit rata-rata per hari.

Baca juga:  Nyenuk ke Pura Dasar Bhuana, Memperat Persatuan dan Menjaga Bali

Jumlah paling tinggi pada saat puncak arus mudik Minggu (7/4) yakni 4.089 unit KK dan total sejak H-10 atau 31 Maret sudah 16.215 unit dengan 171.397 orang. Peningkatan kendaraan kecil mulai terjadi pada Sabtu (6/4) dengan jumlah 3.000 unit lebih dari sebelumnya berkisar 1.500 hingga 1.900 unit. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN