Presiden Joko Widodo (kanan) menyematkan tanda kepangkatan kepada Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono saat dilantik menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (5/4/2024). Presiden melantik Mohamad Tonny Harjono menjadi KSAU menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo yang akan memasuki masa pensiun. (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono setelah dilantik sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) di Istana Kepresidenan Jakarta, menginginkan TNI Angkatan Udara (AU) untuk tumbuh semakin kuat dalam rangka menjalankan mandat sebagai penjaga kedaulatan negara.

“Presiden ingin AU yang kuat. Bukan berarti kita ingin menakut-nakuti musuh, bukan berarti kita ingin perang dengan negara tetangga, tapi AU yang kuat adalah angkatan yang bisa menjaga stabilitas keamanan kedamaian di kawasan,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi), dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (5/4)

Baca juga:  Tambahan Kasus Nasional Makin Melandai, Korban Jiwa Balik ke Puluhan Orang

Marsekal Tonny berkomitmen meneruskan kebijakan yang sudah dititip oleh pejabat sebelumnya dan mengevaluasi berbagai kegiatan yang telah berjalan baik.

“Pada kesempatan ini Bapak Presiden juga menyampaikan, AU harus sesuai, harus kuat, harus sesuai dengan apa yang termaktub dalam UU 34/2004 tentang TNI,” katanya.

Ia mengatakan, tugas TNI AU yang dimandatkan oleh undang-undang adalah melaksanakan serta menjaga kedaulatan negara di udara, menegakkan hukum, dan menjaga wilayah udara yuridiksi nasional sesuai dengan UU yang berlaku secara nasional maupun internasional.

Baca juga:  Pulihkan Pariwisata Bali, Gubernur Koster Sampaikan 10 Permohonan ke Presiden

“TNI AU juga melakukan pengembangan kekuatan mantera udara dan pemberdayaan wilayah potensi di udara. Itu yang disinggung presiden,” katanya.

Menurut Tonny, seluruh mandat tersebut merupakan amanah besar dari Presiden yang harus ia emban dan pertanggungjawabkan.

“Jadi itu permintaan Bapak Presiden dan insya Allah akan kami laksanakan. Tentunya mohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia terhitung mulai hari ini sebagai KSAU yang ke-24,” demikian Tonny. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Presiden tandatangani PP Penyelenggaraan Nama Rupabumi

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *