Pemudik bersiap berangkat di Terminal Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (5/4/2024). (BP/Ant)

BADUNG, BALIPOST.com – Sembilan pos disediakan untuk penjualan tiket bus penumpang antarkota antarprovinsi (AKAP) Terminal Tipe A Mengwi di Kabupaten Badung, Bali, dari agen resmi untuk memudahkan pemudik angkutan Lebaran 2024.

“Satu pos itu dapat menampung dua hingga tiga perusahaan otobus,” kata Pengawas Terminal Tipe A Mengwi Ardani Nirwesti di Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (5/4).

Ia mengajak calon pemudik untuk membeli tiket di agen resmi tersebut atau dapat melalui aplikasi resmi yang disiapkan oleh masing-masing perusahaan otobus (PO).

Baca juga:  Segini Tunggakan Iuran BPJamsostek Banuspa, Mayoritas Sektor Jasa dan Perhotelan

Sedangkan harga tiket, ia mengakui terjadi peningkatan harga yang ditentukan oleh masing-masing PO, berdasarkan aturan dari pemerintah agar tidak melewati batas.

Seorang pemudik tujuan Tulung Agung Jawa Timur, Darmo mengaku ia membeli tiket ekonomi dengan kenaikan harga mencapai Rp150 ribu menjadi Rp450 ribu dibandingkan harga yang berlaku saat hari biasa mencapai Rp300 ribu.

Meski begitu, ia mengakui kenaikan itu terjadi saat musim mudik yang banyak terjadi permintaan.

Baca juga:  Ini, Cara Lima Srikandi E-Sport di Bali Berdonasi bagi Pekerja Terdampak COVID-19

“Saya pilih mudik sekarang agar tidak terlalu pada saat puncak mudik,” katanya yang sudah menunggu di terminal sejak pukul 11.00 Wita untuk keberangkatan pukul 15.00 Wita.

Pengelola terminal juga menyediakan fasilitas tambahan dengan adanya colokan listrik yang ada di beberapa meja di area lobi ruang tunggu atau yang berada di dekat kantin.

Selain itu, juga menambah kenyamanan fasilitas toilet serta anjungan tunai mandiri (ATM) untuk memberikan akses bagi pemudik yang membutuhkan uang tunai.

Baca juga:  Rekayasa Lalin di Kuta, Sejumlah Badan Jalan Steril Parkir

Sementara itu, berdasarkan data Terminal Tipe A Mengwi yang berada di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, arus mudik mulai terjadi sejak 29 Maret 2024.

Saat ini, rata-rata jumlah pemudik mencapai rata-rata 2.000 orang per hari atau meningkat dibandingkan hari biasa mencapai sekitar 700 orang.

Pengelola Terminal Mengwi memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada Sabtu (6/4) dan Minggu (7/4) dengan rata-rata kota tujuan berada di Jawa Timur, Yogyakarta dan Jawa Tengah. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *