Kondisi penyengker Pura Dalem Prajapati, Banjar Adat Tangkas, Desa Susut amblas tergerus longsor. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Penyengker Pura Dalem Prajapati, Banjar Adat Tangkas, Desa Susut amblas tergerus longsor. Peristiwa itu terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah setempat, Selasa (2/4) pagi.

Menurut informasi, longsor terjadi sekitar pukul 06.00 WITA. Derasnya guyuran hujan menyebabkan dinding penahan tanah (DPT) Pura tersebut ambrol dan menggerus penyengker yang ada di atasnya. “Panjang penyengker yang tergerus longsor sekitar 10 meter,” kata Kelian Banjar Dinas Tangkas I Ketut Kieng.

Baca juga:  Anjing Diduga Rabies Gigit Tiga Warga di Banjar Tangkas

Kieng mengaku telah melaporkan kejadian tersebut ke pihak kecamatan. Petugas dari kecamatan pun sudah sempat turun ke lokasi meninjau kondisi penyengker yang ambrol.

Diperkirakan kerugian materiil yang ditimbulkan akibat kejadian tersebut mencapai Rp 80 juta. Kieng belum bisa memastikan seperti apa tindak lanjut dari pengempon terkait kejadian itu.

Menurut dia nantinya akan dilakukan paruman untuk menindaklanjuti kejadian itu. Untuk mengantisipasi adanya longsor susulan, kata Kieng, warga telah melakukan pembersihan got yang tersumbat.

Baca juga:  Digadang-gadang Cabup Bangli, Sedana Arta Belum Ambil Formulir di DPC PDIP

Warga khawatir jika sampai longsor susulan terjadi akan menyebabkan tembok penyengker yang ada di jeroan Pura ikut tergerus. “Di Pura Dalem Prajapati ini penyengkernya dobel. Ada penyengker di jeroan dan Jaba. Yang jebol ini yang ada di jaba pura. Sekarang jarak antara yang jebol dengan penyengker jeroan kini tersisa sekitar 80 cm,” imbuhnya. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *