Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan bingkisan kepada calon penumpang saat meninjau persiapan mudik Lebaran 2024 di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (29/3/2024). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menambah 2.000 penerbangan atau extra fligt pada maskapai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Ini dilakukan selama periode mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Tangerang, Jumat (29/3), pihaknya tetap memberikan kesempatan kepada para operator jika ada tambahan flight kembali.

Menurut dia, dikutip dari Kantor Berita Antara, rutinitas dan produktivitas rotasi penerbangan tersebut akan dikoordinasikan dengan pihak Angkasa Pura dan AirNav untuk menyediakan ruang waktu di bandara yang lebih dari jumlah yang sebelumnya.

Baca juga:  Dari Siswi SMA Lapor Polisi hingga Video “Syur” Dua Remaja Beredar

“Bisa sampai jam 08.00 atau jam 12.00 WIB dan juga kepada bandara-bandara yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan akan melakukan demikian. AP dari Airnav mempekerjakan atau menyediakan availabilitas,” ucapnya.

Kementerian Perhubungan memprediksi adanya kenaikan jumlah pemudik di momen lebaran tahun 2024 mencapai 193 juta penumpang.

Bahkan, kata dia, kenaikannya bisa mencapai 50 persen apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Dari kenaikan 50 persen tersebut, ada sekitar 193 juta pemudik pada tahun ini. Meningkat pesat dari jumlah pemudik tahun lalu yang berjumlah 120 juta,” tuturnya.

Baca juga:  Indonesia Percepat Pembahasan Program Aliansi Pendanaan Campuran Global

Adapun untuk mengatasi terjadinya lonjakan penumpang itu. Pihaknya memerintahkan agar petugas bandara di area drop off ditambah guna menghindari antrean panjang.

Selain itu, sebagian besar counter check-in saat ini akan difungsikan hanya sebagai tempat untuk meletakkan bagasi.

Ia juga mengatakan, jika secara keseluruhan semua prosedur penerbangan berjalan aman terkendali dan fasilitas bandara berfungsi optimal.

“Dilihat dari suatu fakta di lapangan, dari pemesanan tiket yang terjadi, dan ini berdasarkan survei bahwa pemesanan tiket ini terjadi pada ‘H-3’ Lebaran Idul Fitri 2024,” katanya.

Baca juga:  Denpasar Alami Lonjakan Transmisi Lokal COVID-19, Ini Kata GTPP

Oleh karena itu, pihaknya menyarankan kepada Angkasa Pura II selaku pengelola utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk melakukan penambahan jadwal penerbangan sebagai memberikan pelayanan yang optimal bagi para pemudik tahun ini.

“Tapi kami ingin berikan kesempatan bahwa sekarang ada tambahan ekstra flight (penerbangan tambahan). Kita akan memberikan kesempatan untuk memberikan jumlah penerbangan itu dengan produktifitas rotasi,” ucapnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN