petugas melaksanakan perompesan pohon di sepanjang jalur Kintamani-Singaraja. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Badan Penaggulangan Bencana Daerah bersama (BPBD) instansi tekait lainnya melakukan pemangkasan dan penebangan pohon yang sudah lapuk di wilayah Hutan Provinsi, sepanjang jalur Kintamani-Singaraja, Sabtu (23/3). Hal itu dilakukan untuk meminimalisir dampak risiko bencana saat cuaca ekstrem.

Kepala Pelaksana BPBD Damkar Kabupaten Bangli I Wayan Wardana mengatakan pemangkasan pohon dilaksanakan sejak Jumat (22/3). Tim yang turun dari unsur TNI/Polri, BPBD provinsi Bali, Dinas PU Provinsi Bali, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bali, BPBD-Damkar Bangli, DLH Bangli, unsur kecamatan dan PLN. “Kegiatan ini sepenuhnya dikoordinir oleh BPBD Provinsi Bali,” terangnya.

Baca juga:  Dinsos Kawal Perawatan Bocah Ditemukan Terlantar di Sidakarya

Pada kegiatan Jumat, ada sekitar 10 pohon yang telah dilakukan perompesan. “Kegiatan Sabtu hari ini, perompesan masih berjalan,” ujarnya.

Selain bertujuan mengurangi dampak risiko bencana, kegiatan ini juga untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna jalur Bangli-Singaraja, terlebih menjelang Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) dan Karya Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur. “Ke depan semoga kegiatan ini dapat selalu diagendakan terutama di saat akan menghadapi musim hujan,” kata Wardana. (Dayu Swasrina/balipost)

Baca juga:  Ditemukan Lemas dengan Tubuh Bau Solar, Warga Penatih Tewas
BAGIKAN