Dilanda hujan deras, sejumlah bangunan di Pura Dalem Sumbersari rusak. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Dampak hujan deras yang terjadi Minggu (19/6) malam mengakibatkan sejumlah bangunan di Pura Dalem Sumbersari, Kecamatan Melaya rusak tertimpa pohon. Pohon Flamboyan yang berada di sebelah pura roboh hingga menimpa sejumlah bangunan.

Kejadian ini baru diketahui Senin (20/6) pagi oleh warga setempat yang ke lokasi. Saat ini, krama dari desa adat melakukan pembersihan sekitar Pura yang tertimpa pohon.

Baca juga:  Tertimpa Longsor, Penyengker Pura Dukuh Ngaji Sakti Ambrol

Bendesa Adat Sumbersari, I Ketut Subanda, Senin (20/6) mengatakan diperkirakan pohon yang menimpa dua bangunan di Pura itu roboh saat hujan deras pukul 20.00 Wita, Minggu (19/6) malam. Dampak dari robohnya pohon, dua bangunan mengalami kerusakan di bagian atap yakni Bale Kulkul dan toilet. “Bagian atap Bale Kulkul gentengnya 50 persen pecah, dan di toilet atap dak nya hancur,” kata Bendesa.

Baca juga:  Hujan Deras Guyur Tabanan, Air Setinggi Pinggang Rendam Puluhan Rumah di Banjar Anyar

Saat ini warga setempat melakukan pembersihan puing-puing dan ranting pohon yang menimpa bangunan. Hujan deras terjadi di wilayah Kabupaten Jembrana selama beberapa jam Minggu (19/6) malam. Pura Dalem Sumbersari berada di perbatasan dengan areal Taman Nasional Bali Barat.

Terkait intensitas hujan di wilayah Jembrana, Minggu (19/6) malam, Stasiun Klimatologi Jembrana menyebut intensitas sedang. Kepala Stasiun Klimatologi Jembrana, Aminudin Al Roniri mengatakan hujan di seputaran kabupaten Jembrana dengan intensitas ringan-sedang.

Baca juga:  Belasan Hari Hilang, Supag Ditemukan Tak Bernyawa di Selatan Rumahnya

Konsentrasi hujan sedang lebih banyak terjadi di daerah Melaya. Curah hujan tertakar 51mm/hari di wilayah Palasari dan Tetelan. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN