Dilanda hujan deras, sejumlah bangunan di Pura Dalem Sumbersari rusak. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Dampak hujan deras yang terjadi Minggu (19/6) malam mengakibatkan sejumlah bangunan di Pura Dalem Sumbersari, Kecamatan Melaya rusak tertimpa pohon. Pohon Flamboyan yang berada di sebelah pura roboh hingga menimpa sejumlah bangunan.

Kejadian ini baru diketahui Senin (20/6) pagi oleh warga setempat yang ke lokasi. Saat ini, krama dari desa adat melakukan pembersihan sekitar Pura yang tertimpa pohon.

Baca juga:  Pipa Air di Jembatan Banjar Anyar Putus Diterjang Banjir

Bendesa Adat Sumbersari, I Ketut Subanda, Senin (20/6) mengatakan diperkirakan pohon yang menimpa dua bangunan di Pura itu roboh saat hujan deras pukul 20.00 Wita, Minggu (19/6) malam. Dampak dari robohnya pohon, dua bangunan mengalami kerusakan di bagian atap yakni Bale Kulkul dan toilet. “Bagian atap Bale Kulkul gentengnya 50 persen pecah, dan di toilet atap dak nya hancur,” kata Bendesa.

Baca juga:  Gubernur Koster Soroti Maraknya Vila dan Keramba di Danau Batur, Perintahkan Bupati untuk Dikendalikan!

Saat ini warga setempat melakukan pembersihan puing-puing dan ranting pohon yang menimpa bangunan. Hujan deras terjadi di wilayah Kabupaten Jembrana selama beberapa jam Minggu (19/6) malam. Pura Dalem Sumbersari berada di perbatasan dengan areal Taman Nasional Bali Barat.

Terkait intensitas hujan di wilayah Jembrana, Minggu (19/6) malam, Stasiun Klimatologi Jembrana menyebut intensitas sedang. Kepala Stasiun Klimatologi Jembrana, Aminudin Al Roniri mengatakan hujan di seputaran kabupaten Jembrana dengan intensitas ringan-sedang.

Baca juga:  Bupati Suwirta Serahkan Santunan Tali Kasih untuk Veteran

Konsentrasi hujan sedang lebih banyak terjadi di daerah Melaya. Curah hujan tertakar 51mm/hari di wilayah Palasari dan Tetelan. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN