PPK Banjarangkan saat melakukan rekapitulasi di tingkat kabupaten. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Hasil gemilang pada Pilpres 2024 dengan menangnya paslon 02 Prabowo-Gibran, belum berdampak signifikan pada perolehan suara Partai Gerindra Kabupaten Klungkung dalam Pileg 2024. Gerindra Klungkung belum mampu menaikkan perolehan kursi DPRD Klungkung, sesuai target yang ingin dicapai partai. Kursi Partai Gerindra di DPRD Klungkung tetap utuh delapan kursi, sama dengan perolehan hasil Pileg 2019.

Terhadap hasil ini Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Klungkung I Wayan Baru, usai Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara di Tingkat Kabupaten Klungkung, Selasa (5/3) menyampaikan permohonan maaf kepada Ketua DPD Gerindra Bali, Made Muliawan Arya atau De Gadjah, karena dalam Pileg 2024, Partai Gerindra Klungkung belum bisa memenuhi target perolehan Kursi DPRD Klungkung maupun Kursi DPRD Bali. Sebab, perolehan kursi Gerindra Klungkung tidak bertambah, yakni tetap delapan kursi.

Baca juga:  Jika Gerindra Beri Mandat, Prabowo Siap Nyapres

Padahal, Partai Gerindra Klungkung sudah mampu menambah satu kursi di dapil Kecamatan Nusa Penida, tetapi malah kehilangan satu kursi di dapil Kecamatan Klungkung. Wayan Baru menjelaskan di dapil Kecamatan Klungkung target Gerindra mampu meraih minimal dua kursi atau bertambah menjadi tiga kursi. Namun, persaingan di dapil Kecamatan Klungkung cukup ketat, terutama dari partai-partai besar lain seperti PDIP dan Golkar. Sehingga dapil kota ini Partai Gerindra hanya mampu merebut satu kursi.

Baca juga:  Tambah Stok, DPRD Klungkung Kumpulkan 36 Kantong Darah

Demikian juga untuk DPRD Bali. Gerindra Klungkung tetap mampu mempertahankan satu kursi, dari target perolehan dua kursi. Incumbent dari Partai Gerindra untuk DPRD Bali I Ketut Juliarta, tetap mampu lolos kembali merebut satu kursi dari tiga kursi DPRD Bali dapil Kabupaten Klungkung.

“Kami memohon maaf kepada bapak Ketua DPD Partai Gerindra Bali bapak Made Muliawan Arya, karena kami di DPC Partai Gerindra Klungkung belum bisa mencapai target pada Pileg 2024 ini. Kami sudah berusaha keras untuk menambah jumlah kursi agar sesuai target. Namun di dapil kota (Kecamatan Klungkung), kami kehilangan banyak suara. Ke depan kami akan melakukan evaluasi menyeluruh, dan siap menerima arahan lebih lanjut dari bapak Ketua DPD,” kata Baru.

Baca juga:  Ganjar-Mahfud Sudah Siapkan Strategi Bawa Indonesia Lebih Maju

Partai Gerindra Klungkung total memperoleh delapan kursi dari total 30 kursi di DPRD Klungkung. Rinciannya, empat kursi di Dapil Kecamatan Nusa Penida masing-masing incumbent I Wayan Baru, incumbent I Wayan Suarta, pendatang baru I Ketut Dadi dan incumbent I Ketut Gunaksa. Dapil Dawan dua kursi masing-masing incumbent A.A Gde Sayang Suparta dan pendatang baru I Wayan Navy Sudarsa. Dapil Kecamatan Klungkung melalui incumbent I Nengah Mudiana dan Dapil Kecamatan Banjarangkan lewat incumbent I Wayan Widiana. (Bagiarta/balipost)

 

BAGIKAN