GIANYAR, BALIPOST.com – Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 di Kabupaten Gianyar secara umum berjalan dengan baik dan lancar. Proses pleno rekapitulasi juga diselenggarakan secara terbuka dan ditampilkan juga dalam live streaming di kanal youtube KPUD Gianyar, Senin (4/3).

Dengan mengacu pada Formulir Model D Hasil Kabko, tercatat enam parpol yang akan menentukan nasib Kabupaten Gianyar. Dari 45 kursi DPRD Gianyar diprediksi PDI Perjuangan memperoleh 31 Kursi atau 68,89  persen, Golkar memperoleh 5 Kursi atau 11,11 persen, Gerindra memperoleh 4 kursi atau 8,89 persen, Demokrat memperoleh 3 kursi atau 6,67 persen, Nasdem 1 kursi atau 2,22 persen Perindo 1 kursi atau 2,22 persen.

Baca juga:  Dituduh Campur Tangan Verifikasi Parpol, Jokowi: Paling Enak Mengambinghitamkan Presiden

Mengacu pada formulir D Hasil Kabupaten, 6 wakil Gianyar lolos ke DPRD Bali. Dari jumlah itu, PDI Perjuangan meraih 5 kursi meliputi Putu Diah Pradnya Maharani mencapai 133.868 suara), I Wayan Tagel Winarta sebanyak 49.994 suara, I Made Rai Warsa mencapai 21.225 suara, Ni Luh Yuniati sebanyak 17.022 suara, dan I Made Budastra mencapai 12.501 suara. Sementara satu kursi diraih Partai Gerindra I Kadek Diana dengan jumlah 11.971 suara.

Baca juga:  Tengah Malam Menari di Kuburan, ODGJ Diamankan Warga

Anggota KPU Gianyar, Divisi Sosdiklih Parmas SDM, Gusti Bagus Agung Swandhita mengatakan dalam pleno saksi sempat mempertanyakan terkait adanya data yang tidak sinkron, namun bisa  dijelaskan PPK.

Saat penandatanganan berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan suara di kabupaten, saksi dari PDI Perjuangan tidak ikut menandatangani karena ada instruksi dari pimpinan partai di pusat. Itu juga terjadi saat proses rekapitulasi di kecamatan.

Baca juga:  Dugaan Kecurangan Dalam Proses Verfak Parpol, Pemerintah Diminta Panggil KPU

Namun saksi partai menyampaikan dapat menerima jalannya proses rekapitulasi di Kabupaten Gianyar yang sudah dilakukan dengan jujur, adil dan terbuka. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *