NEGARA, BALIPOST.com – Warga binaan pemasyarakatan  bersama petugas Rutan Kelas IIB Negara, Senin (26/2) pagi melakukan pemotongan babi menyambut hari Raya Galungan dan Kuningan.

Tradisi mepatung dilakukan warga binaan yang merayakan Galungan dengan penyembelihan tiga ekor babi. Proses penyembelihan dilakukan mulai 00.10 WITA dinihari hingga 05.00 WITA.

Daging babi yang sudah dipotong-potong dengan berat sama kemudian dibagikan kepada seluruh pegawai dan keluarga WBP yang turut aktif dalam pemeliharaan dan penyembelihan.

Baca juga:  Pegawai di Puspem Badung "Mepatung"

I Nyoman Tulus Sedeng, Kasubsi Pelayanan Tahanan mengatakan mepatung merupakan tradisi rutin yang dilakukan setiap enam bulan sekali menjelang Hari Raya Galungan di Rutan Kelas IIB Negara.

Babi yang dipotong merupakan hasil peternakan pembinaan di dalam rutan.

Salah satu warga binaan berinisial PY mengungkapkan perasaannya yang campur aduk. Dirinya sedih karena babi yang dipotong sudah dipelihara cukup lama. Namun, ia gembira mengingat daging babi yang sudah dipotong ini kemudian dibagikan untuk keluarga warga binaan dan petugas yang merayakan Galungan.

Baca juga:  Penampahan Galungan, Animo Warga Tetap Tinggi Potong Babi

Kepala Rutan Negara, Lilik Subagiyono, berharap tradisi mepatung ini dapat terus dilestarikan. Karena itu pihaknya menyambut baik mepatung yang dilakukan di dalam lingkungan Rutan Kelas IIB Negara. (Surya Dharma/balipost)

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *