Raja Inggris Charles III dan Ratu Camilla kembali ke Istana Buckingham setelah menjalani upacara penobatan di Westminster Abbey di London, Inggris, 6 Mei 2023. (BP/Ant)

LONDON, BALIPOST.com – Saat memperingati masa dua tahun sejak agresi Rusia, Raja Inggris Charles pada Sabtu (24/2) malam memuji tekad dan kekuatan rakyat Ukraina.

“Saya terus merasa sangat yakin bahwa Inggris dan para sekutu kami tetap berada di garis depan dalam upaya internasional untuk mendukung Ukraina yang pada saat ini menderita dan memiliki kebutuhan yang begitu besar,” kata Charles dikutip dari Kantor Berita Antara, Minggu (25/2).

Baca juga:  Turis Ukraina Diadili Kasus Hasis

Charles menyampaikan simpatinya kepada semua pihak yang terkena dampak konflik, dan menekankan bahwa mereka tetap ada dalam perhatian dan doanya selama masa-masa sulit.

“Mereka adalah pemberani sejati dalam menghadapi agresi yang tak terbayangkan. Saya telah merasakan hal ini secara pribadi dalam banyak pertemuan yang saya lakukan dengan warga Ukraina sejak awal perang, mulai dari Presiden Zelenskyy dan Zelenska, hingga para rekrutan tentara baru yang berlatih di Inggris,” ujar dia menambahkan.

Baca juga:  Dua WNA Meninggal Dievakuasi Petugas Ber-APD, Ternyata Berstatus Ini

Rusia melancarkan “operasi militer khusus” di Ukraina tepat dua tahun lalu pada 24 Februari 2022.

Para pejabat Rusia mengatakan mereka siap untuk memulai perundingan damai dengan Ukraina, namun Kiev menerapkan larangan pada diri sendiri untuk melakukan kontak dengan Moskow sehingga menghalangi terjadinya perundingan tersebut. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN