Gede Kusuma Putra dan IGK Kresna Budi. (BP/Yudha)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Pemilu 2024, Partai PDI Perjuangan masih mendominasi di Provinsi Bali. Enam Calog legislatif ( Caleg ) PDI Perjuangan Dapil V Buleleng sudah dipastikan berpotensi lolos ke DPRD Bali. Bahkan partai besutan Megawati Soekarno Putri ini pun, berpotensi menambah satu jumlah kursi di DPRD Bali.

Salah satu pentolan PDI Perjuangan I Gede Kusuma Putra pada Minggu (18/2) mengatakan, raihan suara partai pada Pemilu Legislatif tahun 2024 ini meningkat drastis. PDIP diklaim sudah mengantongi suara sebanyak 191.985 khusus untuk dapil V Buleleng. Dengan torehan suara itu, PDI Perjuangan sudah dipastikan mengunci 6 kursi di DPRD Provinsi Bali. Bahkan raihan kursi itu berpotensi bertambah menjadi 7 kursi.

Baca juga:  Perekaman e-KTP Usai Penetapan DPT, Warga Tetap Bisa Nyoblos

Keenam caleg tersebut diantaranya Dewa Made Mahayadnya (incumbent) yang perhitungannya meraih suara 28.611, Gede Kusuma Putra (incumbent) dengan perolehan 22.785 suara, Putu Mangku Mertayasa (incumbent) sebanyak 16.241 suara, Kadek Setiawan (incumbent) 30.719 suara, I Ketut Rochineng (incumbent) 29.364 suara dan Dewa Nyoman Rai (incumbent) meraih 11.932 suara.

Sementara untuk kursi ketujuh digadang – gadang akan diraih oleh Wayan Arta (incumbent Hanura )dengan perolehan suara 8.637 suara. ” Ini terlihat jelas dengan kenaikan suara partai PDI Perjuangan. 2019 lalu suara partai hanya 182 ribu, sedangkan untuk saat ini hampir menyentuh 192 ribu. Kemungkinan kita akan menambah lagi satu kursi, tapi ini nanti tergantung juga dengan suara partai laiinya,” terang Kusuma Putra.

Baca juga:  Pemadaman Api di Lereng Gunung Agung Terkendala Medan Esktrim

Sementara itu, Ketua DPD II Golkar, Ida Gede Komang Kresna Budi menjelaskan, Dua calon legislatif sudah dipastikan dikunci oleh Golkar sendiri. Bahkan Partai besutan Airlangga Hartarto ini juga berpeluang menambah 1 kursi di DPRD Provinsi Bali. Dua nama yang sudah memiliki peluang lolos diantaranya, IGK Kresna Budi (incumbent) dengan raihan suara 20 ribu suara dan newcomer Agung Bagus Pratiksa Linggih dengan raihan suara sebanyak 12 ribu suara. Sementara untuk kursi ketiga juga digadang – gadang juga akan didapakan Golkar. Suara Putu Tirta Adnyana ( Newcomer ) dan Indri Tanutanto (newcomer ) diklaim mencapai 8.000 suara. “Suara partai kita saat ini meningkat drastis. Dua kursi sudha aman, menunggu kursi ke tiga, rekapnya belum selesai masih ada tercecer,” terang Kresna Budi.

Baca juga:  KPU Bali Tak Masalah Pengunduran Verifikasi Bacaleg Provinsi dan DPD

Sementara itu, dari informasi yang didapat caleg partai Gerindra, Nyoman Ray Yusa (incumbent) berhasil meraih 11 ribu suara, Caleg Partai Nasdem, dr Somvir (incumbent) meraih 20 ribu suara, Sedangkan sisa dua kursi diperebutkan oleh Partai Demokrat I Komang Sewi Putra (incumbent) ,Dua Newcomer Partai Golkar Putu Tirta Adnyana/ Indri Tanutanto. dan PDI Perjuangan I Wayan Arta . (Nyoman Yudha/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *