Tim Penggerak PKK Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem, yang dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK, Nyonya Nuriasih Gede Dana, melaksanakan kegiatan fasilitasi dan pendampingan studi tiru ke Lombok Barat, tanggal 25-27 Januari 2023. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Tim Penggerak PKK Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem, yang dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK, Nyonya Nuriasih Gede Dana, melaksanakan kegiatan fasilitasi dan pendampingan studi tiru ke Lombok Barat, tanggal 25-27 Januari 2023. Studi tiru yang dilaksanakan itu, guna memperkaya program pengembangan dan ekonomi kreatif untuk Kabupaten Karangasem.

Rombongan PKK Pemkab Karangasem disambut hangat di Kantor Bupati Lombok Barat oleh Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Lombok Barat (Erni Zuhara Ilham) bersama jajaran pengurus, DPMD Kabupaten Lombok Barat, dan GOW. Momen ini menjadi awal dari penyampaian maksud dan tujuan studi tiru oleh Ketua TP PKK Kabupaten Karangasem serta paparan program kerja dan prestasi TP PKK Kabupaten Lombok Barat yang disampaikan oleh Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Lombok Barat.

Baca juga:  Pemkab Karangasem Ucapkan Selamat Nyepi dan Menunaikan Ibadah Puasa

Hari pertama kegiatan melibatkan kunjungan ke Desa Gunung Sari, yang telah meraih predikat UP2K terbaik tingkat nasional. Rombongan PKK Kabupaten Karangasem diterima Camat dan Kepala Desa Gunung Sari, bersama dengan TP PKK Kecamatan dan Desa.

Sedangkan, di hari kedua fokus pada studi tiru produk ekonomi kreatif, terutama tas anyaman dari bahan pandan, bambu, dan kerajinan tenun di daerah Gerung serta sentra-sentra kerajinan terkait. Rombongan PKK Kabupaten Karangasem mendapatkan wawasan mendalam terkait teknik pembuatan tas anyaman, dan proses produksi kerajinan tenun yang khas dari daerah tersebut.

Baca juga:  Pemkab Bangli Usulkan Perbaikan 110 Rumah Ke Kemensos

Ketua TP PKK Nyonya Nuriasih Gede Dana, mengungkapkan, pihaknya berharap lewat kegiatan ini, nantinya dapat memberikan inspirasi dan pengetahuan baru bagi PKK Kabupaten Karangasem dalam mengembangkan program pengembangan dan ekonomi kreatif di wilayah mereka.

“Studi tiru ini menjadi momentum penting dalam memperkaya pengalaman serta mendukung upaya PKK dalam memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup. Di samping itu juga, lewat kegiatan ini nantinya dapat memperkaya program pengembangan dan ekonomi kreatif untuk Pemkab Karangasem. (Adv/balipost)

Baca juga:  Pohon Tumbang Rusak Belasan Rumah Warga

 

BAGIKAN