Personel Polsek Denut bersama instansi terkait lainnya melaksanaan sidak duktang. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pemungutan suara pemilihan presiden (pilpres) makin dekat, termasuk pelaksanaan kampanye terbuka. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan menciptakan kondisi cooling system, Polsek Denpasar Utara (Denut) bersama instansi terkait gencar melakukan sidak penduduk pendatang (duktang).

Pada Kamis (18/1) pukul 19.00 WITA, sidak dilaksanakan di lingkungan Banjar Pucak Sari, Desa Dangin Puri Kauh. Kegiatan ini melibatkan perwakilan Camat Denut, Satpol PP, pecalang, aparat desa dan dusun serta TNI. Kapolsek Denut Iptu Putu Carlos Dolesgit, Jumat (19/1) menjelaskan, pihaknya bersama instansi terkait sejak beberapa hari lalu gencar melakukan sidak pendataan serta penertiban penduduk non permanen.

Baca juga:  Tak Miliki E-KTP, Tiga Warga Dibina Satpol PP

Seperti pada Rabu (17/1) pukul 19.30 WITA, razia tersebut dilaksanakan di Banjar Umasari, Desa Dangin Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara. “Kegiatan ini kami laksanakan dalam rangka cipta kondisi kondusif dan cooling system menjelang pemungutan suara Pemilu 2024. Tujuannya menghindari hal – hal yang tidak diinginkan dan potensi kerawanan serta potensi gangguan keamanan di wilayah Kecamatan Denpasar Utara,” ujarnya.

Sedangkan pada Selasa (16/1), pihaknya melakukan razia di lingkungan Banjar Merta Gangga, Desa Ubung Kaja. “Tidak ditemukan pelanggaran,” kata Carlos.

Baca juga:  Antisipasi Arus Balik, Denpasar akan Sidak Duktang

Lebih lanjut, mantan Kanit Tipikor Satreskrim Polresta Denpasar ini menjelaskan kegiatan ini sangat membantu upaya Polri untuk melakukan cipta kondisi dan cooling system Pemilu 2024. Selain itu sebagai basis deteksi dini terhadap potensi konflik berdasarkan keberadaan penduduk serta karakteristik wilayah berdasarkan pada asal penduduk/ budaya penduduk.(Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN