Ketua KPU Karangasem, I Putu Darma Budiasa. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Karangasem pada Pemilu 2024 berjumlah sebanyak 1.677 TPS yang tersebar di delapan kecamatan. Dari jumlah tersebut, tercatat ada puluhan TPS yang masuk kategori blank spot jaringan internet.

Ketua KPU Karangasem, I Putu Darma Budiasa, Rabu (17/1) mengungkapkan, jumlah TPS pada Pemilu 2024 ini sebanyak 1.677 TPS yang tersebar di semua kecamatan. Kata dia, jumlah TPS ini termasuk tambahan di TPS di Lapas. Dari jumlah tersebut, puluhan TPS yang masuk kategori blank spot dari jaringan internet.

Baca juga:  Truk Tangki Elpiji Robohkan Tiang Listrik di Manggis

“Total TPS yang berada di desa yang mengalami blank spot sebanyak 64 TPS. Yakni, untuk di Kecamatan Abang 0, Bebandem (36), Karangasem (2), Kubu (8), Manggis (8), Rendang (0), Selat (1), dan Sidemen (9). TPS yang ini memang sama sekali tidak ada jaringan internetnya,” ucapnya.

Budiasa mengatakan, kendati di TPS ini sama sekali tidak dapat jaringan internetnya, namun nantinya laporan hasil penghitung ada C rekap mobile dan off line. Maka dari itu, nantinya KPPS harus lebih dulu mencari dokumentasi berupa foto-foto dan yang lainnya sebelum dikirim. “Nanti setelah mencari dan mendapatkan jaringan internet, baru laporan dikirim,” katanya.

Baca juga:  Diduga Lehernya Tergorok, Pelajar SMK Ditemukan Tak Bernyawa

Dia menjelaskan, selain TPS yang sama sekali masuk kategori blank sport, ada juga TPS yang jaringan internetnya lemah. Artinya, di TPS itu untuk kartu XL mampu mendapatkan jaringan, akan tetapi Simpati tak ada signal. “Ini yang masuk kategori lemah,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, menjelaskan, untuk saat ini masih dalam tahapan sortir sampul. Sebelumnya telah selesai melakukan sortir formulir, dan perakitan kotak suara. “Kita targetkan hari ini perakitan sortir sampul rampung dikerjakan,” harap Budiasa. (Eka Parananda/Balipost).

Baca juga:  Ini, Sejumlah TPS Penjabat di Denpasar Menyalurkan Hak Pilih
BAGIKAN