Bencana- Bencana pohon tumbang yang terjadi di wilayah Karangasem. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Cuaca di wilayah Karangasem dan sekitarnya tidak menentu. Atas situasi itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem menghimbau kepada seluruh warga Karangasem untuk melakukan mitigasi bencana secara mandiri dilingkungan tempat mereka tinggal.

Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, Minggu (14/1), mengungkapkan, kalau mitigasi secara mandiri ini sangat penting dilakukan agar warga masyarakat bisa mengetahui serta memetakan potenai ancaman bencana apa saja yang berpotensi terjadi di wilayah tempat tinggalnya.

Baca juga:  Kasus Kampanye di Pura, Banwaslu Nyatakan Penuhi Unsur Namun Mentah di Gakumdu

“Misalnya ada pohon tinggi disekitar tempat tinggal, tentu jika dibiarkan begitu saja nantinya berpotensi tumbang, ini penting dilakukan mitigasi sebelum terjadi untuk antisipasi agar dilakukan pemangkasan secara mandiri untuk mengurangi beban ketika terjadi hujan maupun angin kencang,” ucapnya.

Arimbawa mengatakan, belakangan ini sudah cukup banyak bencana alam yang melanda Karangasem, yakni tanah longsor dan pohon tumbang. “Saat ini bencana alam masih didominasi pohon tumbang,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Bali akan Alami Fenomena Equinox pada 21 Maret
BAGIKAN