Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid (tengah) menunjukkan surat keputusan (SK) bergabungnya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan TKN Prabowo-Gibran, saat konferensi pers di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2024). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi didapuk menjadi dewan pengarah sekaligus juru kampanye nasional (jurkamnas) TKN Prabowo-Gibran. Hal itu dikatakan Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid.

Nusron menjelaskan, pihaknya telah mengeluarkan surat keputusan (SK) bergabungnya Khofifah dengan TKN. Akan tetapi, SK tersebut akan efektif berlaku pada Minggu, 21 Januari 2024.

“SK-nya sudah dibuat. Namun, SK-nya mungkin akan efektif mulai tanggal 21 Januari,” kata Nusron saat konferensi pers di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (11/1).

Baca juga:  Tawarkan Diskon Belanja, BRI Jalin Kerja Sama dengan SOGO

Nusron menyebut Khofifah akan muncul sebagai bagian dari TKN pada saat debat keempat KPU RI, yang bakal digelar tepat saat SK tersebut berlaku efektif. Setelah itu, Khofifah akan aktif mengikuti kampanye terbuka sebagai jurkamnas untuk pasangan calon nomor urut dua tersebut.

“Jadi pas debat pertama mungkin beliau sudah berani tampil pas debat keempat nanti, pas memasuki kampanye tanggal 21 (Januari), ya, kampanye terbuka; di situlah beliau mulai kita masukan menjadi daftar TKN, sekaligus menjadi juru kampanye nasional,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Nusron menjelaskan bahwa Khofifah dimasukkan menjadi salah satu dewan pengarah TKN Prabowo-Gibran setelah melalui proses rapat dan diskusi.

Baca juga:  Insentif Perpajakan Dukung Kinerja Perekonomian

“Dewan pengarah itu anggotanya para ketua umum partai politik dan beberapa tokoh sentral yang mengendalikan dan menjadi bahan pertimbangan serta membuat garis-garis program dari TKN,” tutur dia.

Sebelumnya, Khofifah mengumumkan siap bergabung dengan TKN Prabowo-Gibran usai melaksanakan umrah. Ia menyebut bergabungnya dia dengan TKN adalah bentuk pemenuhan janji. “Saya sudah pulang umrah, sesuai janji saya bahwa saya siap masuk TKN,” kata Khofifah di VIP Room Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (10/1).

Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut juga mengatakan ia telah meminta Nusron untuk mencantumkan namanya di daftar TKN Prabowo-Gibran. Bahkan, Khofifah menyebut siap apabila harus didapuk sebagai juru kampanye nasional (jurkamnas) pasangan Prabowo-Gibran. “Silakan saya dimasukkan sebagai jurkamnas,” ucap Khofifah.

Baca juga:  Soal SK Mutasi Palsu, Dewan Sebut BKPSDM dan Inspektorat Lamban

KPU RI telah menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN