Vaksinasi emergency dilakukan petugas Dinas Pertanian dan Pangan, Senin (8/1), terkait ditemukannya anjing rabies menggigit tiga warga di Berangbang. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Di awal tahun 2024 ini, kasus rabies masih ditemukan di Jembrana. Seekor anjing yang belakangan diketahui positif rabies menggigit sejumlah warga di Desa Berangbang, Kecamatan Negara pada 31 Desember 2023.

Tiga orang warga, yaitu I Gusti Putu Sudiasa (57), Gusti Ayu Putu Srigati (57), dan Gusti Kade Wenda (79) telah mendapatkan penanganan vaksin.

Kepala Bidang Keswan Dan Kesmavet, Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, I Wayan Widarsa, Selasa (9/1) mengatakan anjing gila yang menggigit warga ini diketahui positif rabies setelah sampel diuji laboratorium BBVet Denpasar. “Hasil positif kita terima 7 Januari. Senin kemarin langsung kami lakukan vaksinasi Emergency di sekitar lokasi,” ujar Widarsa.

Baca juga:  Perluas Cakupan Vaksinasi, Jembrana Sasar Banjar

Vaksinasi Emergency menyasar 30 ekor anjing dan 7 ekor kucing. Anjing yang diketahui positif rabies ini berkeliaran di sekitar rumah korban dan menggigit di bagian kaki dan tangan menjelang pergantian tahun.

Kasus ini diketahui setelah adanya laporan dari warga terkait anjing gila dan menggigit. Masyarakat diminta tetap waspada dan segera melaporkan bila terjadi kejadian gigitan anjing. Penanganan pertama juga perlu diketahui serta memantau HPR yang menggigit. (Surya Dharma/balipost)

Baca juga:  71 Kasus Kanker Serviks di Bangli, Satu Timpa Anak 4,5 Tahun
BAGIKAN