Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, di Gerbang Tol (GT) Limo Utama, Depok, Senin (8/1/2024). (BP/Ant)

DEPOK, BALIPOST.com – Sebanyak 42 Proyek Strategis Nasional (PSN) dinilai tidak akan rampung pada 2024, atau saat masa jabatannya berakhir, akan tetap dilanjutkan.

“Ya diteruskan, masa berhenti,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam peresmian Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, di Gerbang Tol (GT) Limo Utama, Depok, dikutip dari kantor berita Antara, Senin (8/1).

Adapun 42 PSN senilai Rp 1.427,36 triliun tersebut proyeknya saat ini masih berjalan. Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan bahwa tantangan utama dalam penyelesaian PSN ada di aspek pembebasan lahan. Prosedur pembebasan lahan yang mengalami kendala akan berdampak pada lambatnya penyelesaian PSN sehingga tak mampu mencapai target peresmian.

Baca juga:  Presiden : Dulu Terminal Bus "Imagenya" Preman

“Utamanya (tantangan) masalah pembebasan lahan. Yang tadinya kita targetkan satu tahun, tapi ternyata mundur,” ujar Triono atau yang akrab disapa Yongki tersebut.

Untuk itu, Kementerian PUPR terus menggandeng Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) agar PSN dapat diselesaikan sesuai target yang ditentukan.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa dari 42 PSN yang diprediksi tidak akan rampung tahun ini, ada beberapa yang merupakan proyek jalan tol. Yongki memberikan contoh Jalan Tol Serang-Panimbang yang penyelesaiannya diundur hingga 2025 karena permasalahan lahan.

Baca juga:  Presiden Jokowi Minta Masyarakat Ikuti Informasi BMKG

“Sebenarnya bukan nggak selesai, tapi ada yang selesainya di atas 2024. Serang-Panimbang contohnya, itu (jalan tol) tadinya kita targetkan 2024, namun ada permasalahan dan sebagainya, dan pembiayaan, kita geser ke 2025,” tutur Yongki.

Lebih lanjut, Yongki menjelaskan beberapa proyek jalan tol tersebut sudah ada yang tidak lagi berstatus sebagai PSN, namun sebagian masih ada yang berstatus PSN meskipun penyelesaiannya melebihi target tahun 2024.

Adapun hingga 4 Oktober 2023, ada 170 PSN yang telah rampung. Proyek-proyek tercatat senilai Rp1.299,41 triliun. Kemudian masih ada 61 proyek yang tegah dalam tahap konstruksi.

Jokowi memproyeksikan ada 25 PSN dengan nilai investasi Rp151,58 triliun yang akan diresmikan pada awal tahun ini hingga 20 Oktober 2024.

Baca juga:  Jokowi: Potong Gaji ASN Muslim untuk Zakat, Masih Wacana

Yang terbaru hari ini, Jokowi meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor sebagai salah satu PSN. Gerbang Tol Limo Utama menandai pertemuan dua ruas tol yaitu Tol Cijago seksi 3 dan Tol Sercin seksi 2.

Tersambungnya kedua ruas tol itu dinilai akan menambah konektivitas jaringan jalan tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2). Basuki mengatakan, tol tersebut diharapkan dapat meningkatkan konektivitas Jabodetabek, mengingat kedua tol itu menjadi bagian penting JORR 2 yang dapat berdampak pada manfaat ekonomi dan sosial masyarakat. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *