Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Jakarta. (BP/Dokumen Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Debat calon wakil presiden untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan dilakukan pada Jumat (22/12). Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan jumpa pers terkait informasi kunci yang perlu diketahui dalam debat cawapres perdana ini, Kamis (21/12).

Debat yang diikuti para cawapres tersebut mengusung tema ekonomi dengan subtema ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pe​ngelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Baca juga:  Gibran Direkomedasi Golkar Jadi Bacawapres Prabowo, Ini Kata Jokowi

Menurut Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari dipantau secara daring dari kanal YouTube KPU RI, sebanyak 11 panelis berasal dari berbagai universitas dan peneliti di lembaga kajian ekonomi dihadirkan dalam debat kedua dari lima kali yang dijadwalkan KPU. Mereka menjalani karantina sejak Rabu 20 Desember untuk mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan pada tiga cawapres, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Debat akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Acara dimulai pukul 19.00 WIB.

Baca juga:  KPU RI Bantah Intruksikan KPUD Ubah Hasil Verfak Parpol Peserta Pemilu 2024

Ada 6 segmen yang akan dilakukan pada debat Cawapres, sama seperti debat Capres sebelumnya. Segmen pertama, para cawapres akan terlebih dahulu menyampaikan visi, misi, program kerja oleh masing-masing.

Kemudian untuk segmen kedua dan ketiga, para cawapres akan menjawab pertanyaan yang sudah diajukan oleh tim panelis.

Pada segmen keempat dan kelima, para cawapres mendapat kesempatan untuk mengajukan pertanyaan untuk satu sama lain.

Baca juga:  Perolehan Kursi DPRD Karangasem Diumumkan, PDI-P Terbanyak

Adapun pada segmen keenam yang terakhir, para cawapres akan menyampaikan kesimpulan untuk menutup rangkaian debat hari itu. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *