Kapolres Klungkung AKBP Umar saat memimpin Lat Pra Ops Lilin Agung 2023 dalam rangka Pengamanan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Agenda natal dan tahun baru (nataru) tahun ini sedikit berbeda dengan nataru pada tahun-tahun sebelumnya. Nataru tahun ini momennya bersamaan dengan tahapan kampanye Pemilu 2024, dimana dinamika politik sudah terjadi sudah semakin memanaskan para pendukungnya di daerah. Jika kedua momen ini menjadi satu dalam agenda yang berisikan pengerahan massa, maka situasinya sangat rawan memicu konflik. Inilah yang harus disikapi dengan baik, agar potensi konflik itu tidak benar-benar terjadi.

Potensi konflik ini sudah disadari pihak kepolisian. Kapolres Klungkung AKBP Umar, saat memimpin Lat Pra Ops Lilin Agung 2023 dalam rangka Pengamanan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Aula Jalaga Dharma Pandhapa, Selasa (19/12), secara tegas menekankan agar momen ini diwaspadai.

Baca juga:  Truk Muatan 14 Ton Diimbau Tidak Melintas Menjelang Nataru

Lat Pra Ops Lilin Agung 2023 menjadi simulasi sebelum melaksanakan operasi yang sesungguhnya. Jadi kapolres memerintahkan kepada semua personil yang terlibat agar memperhatikan dengan mencermati harus berbuat apa dalam operasi ini. Sebab, situasi sudah memaksa semua yang terlibat harus siap.

“Operasi Lilin saat ini berbeda dengan operasi lilin sebelum-sebelumnya, dimana pada tahun ini operasi lilin beririsan dengan tahapan kampanye pada Pemilu 2024. Potensi gangguan akan semakin banyak dan semakin besar. Dimana momentum natal dan tahun baru ini berpotensi digunakan untuk menarik simpati dari para calon yang ingin meraup suara pada Pemilu 2024,” kata kapolres, didampingi Wakapolres Klungkung Kompol I Komang Sura Maryantika, Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Ketut Suastika serta para Instruktur dalam Lat Pra Ops Lilin Agung 2023.

Baca juga:  Amankan Nataru, Ini Dilakukan Polres Bangli

Kapolres juga berharap rekan-rekan yang akan turun dalam operasi ini dapat memahami tujuan dan sasaran operasi. Agar para personil paham betul akan fungsi dan tugasnya di lapangan. Demikian juga untuk para instruktur agar betul-betul dalam memberikan materi atau sharing pengalaman, sehingga bisa dipahami bagi personil yang akan bertugas di lapangan. “Yang terakhir agar jaga kesehatan untuk seluruh personil yang melaksanakan operasi Lilin Agung 2023 agar kegiatan Operasi Lilin dapat berjalan lancar,” imbuhnya

Baca juga:  Nataru, Satpol PP Badung Awasi Peredaran Kembang Api

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi lintas lembaga, Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Ketut Suastika memaparkan dalam pengamanan dan tahun baru ada 6 gereja yang nantinya akan menjadi objek pengamanan. Sehingga diharapkan kerjasama dari pihak TNI dan pihak pecalang dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Selain itu, tempat yang dimungkinkan banyak dikunjungi masyarakat yaitu Monumen Puputan Klungkung, Rest Area Goa Lawah, Beach Club Pantai Mahagiri, Beach Club Paparocky.

Sementara pos yang menjadi tempat pengamanan yaitu Pos Pam Goa Lawah, Pos Pelayanan Terpadu Pelabuhan Banjar Nyuh hingga Pos Pam Objek Wisata Kelingking Beach. (Bagiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *