Wisatawan berjalan kaki di pedestrian di Penelokan, Kintamani. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Kunjungan wisatawan ke sejumlah obyek wisata di Bangli diperkirakan akan melonjak pada libur natal dan tahun baru mendatang. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangli pun sudah mulai melakukan sejumlah persiapan untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan.

Kepala Disparbud Kabupaten Bangli I Wayan Sugiarta, Rabu (13/12), memperkirakan kunjungan wisatawan ke Bangli pada libur natal dan tahun baru nanti meningkat hingga 100 persen dari hari biasa. Terutama di Kintamani. Pada hari biasa angka kunjungan wisatawan khususnya di DTW Kintamani rata-rata mencapai 1.200-1.500 orang per hari. Lonjakan wisatawan diperkirakan terjadi sejak tiga hari sebelum hari libur.

Baca juga:  "We Care Penglipuran" Sudah Jalan 2 Bulan, Belum Ada Wisatawan Peroleh Tiket Gratis

Adapun beberapa persiapan yang dilakukan pihaknya jelang libur Nataru antara lain mengeluarkan surat imbauan kepada pelaku usaha pariwisata di Bangli agar meningkatkan pelayanan, keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan. Selain itu pihaknya juga mengantisipasi kekroditan di pos pungut retribusi di Kintamani dengan menambah petugas.

Saat ini terdapat lima pos pungut retribusi di Kintamani. Pada hari libur Nataru nanti diperkirakan pos yang akan mengalami peningkatan aktivitas yakni Sekardadi, Tunon dan pos di depan museum. “Kami juga menggeser alat e-tiketing ke pos yang kemungkinan ramai,” jelasnya.

Baca juga:  Relokasi Korban Longsor Tunggu Pusat

Selama ini untuk mengoptimalisasi pungutan retribusi pihaknya mengaku telah bekerjasama dengan Pol PP dan Dishub. Saat Libur Nataru nanti, Sugiarta mengatakan pihaknya juga akan dibantu kepolisian dan TNI untuk membantu keamanan dan kelancaran lalu lintas di sekitar obyek wisata. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN