SINGARAJA, BALIPOST.com – Tujuh puluh satu hari menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024, penyediaan logistik di Kabupaten Buleleng hampir rampung. KPU Kabupaten Buleleng hanya menunggu pendistribusian surat suara untuk Presiden dan Wakil Presiden serta DPD RI yang disuplai langsung dari KPU Pusat.

Kepastian rampungnya logistik itu disampaikan Ketua KPU Kabupaten Buleleng, Komang Dudhi Udiyana, Selasa 5 Desember 2023. Menurutnya, pendistribusian logistik pada tahap pertama, yang meliputi kotak suara, bilik suara, tinta, alat bantu coblos dan tanda pengenal sudah rampung. Hanya saja, pada tahap pertama ini yang belum terdistribusikan adalah formulir dan sampul.

Baca juga:  GOR Gunung Agung Jadi Gudang Logistik Pemilu 2024

Untuk pendistribusian tahap kedua, yang meliputi surat suara baru terdistribusi untuk DPR Republik Indonesia, DPRD Provinsi Bali dan DPRD Kabupaten Buleleng. Sedangkan khusus untuk Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden serta DPD RI belum terdistribusi.

Menurutnya, Buleleng dengan jumlah pemilih dan jumlah TPS serta daerah terluas di Bali mendapatkan prioritas dalam pendistribusian logistik Pemilu 2024. Pengiriman segala jenis logistik pemilu selalu akan lebih awal untuk Buleleng.

Baca juga:  Sudah Lolos Masa Pantau 14 Hari, Rapid Test dan Swab Positif COVID-19

Bahkan untuk surat suara sendiri, KPU Buleleng sudah melebihi 2,5 persen dari jumlah DPT yang ada. Hal ini guna menemukan surat suara yang gagal cetak maupun rusak.

Data KPU Buleleng, Jumlah pemilih pada pemilu 2024 mencapai 611.901 pemilih. Jumlah itu dibagi menjadi 2275 tempat pemungutan suara dan 9.100 bilik suara.

Komisioner KPU Bali, John Darmawan saat dialog Merah Putih membenarkan pendistribusian logistik Pemilu 2024 diprioritaskan bagi Buleleng. Alasannya memiliki pemilih terbanyak dan wilayah terluas. Sedangkan untuk surat suara Pilpres dan DPD akan dilakukan langsung KPU Pusat. (Nyoman Yudha/balipost)

Baca juga:  GiriAsa Ungguli "Koko" di TPS Suiasa

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *