Ringsek- Sepeda motor milik warga ringsek setalah ditimpa pohon tumbang akibat hujan deras. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Hujan deras yang melanda Karangasem tidak hanya mengakibatkan tanah longsor, tapi juga bencana pohon tumbang. Bahkan, pohon tumbang yang terjadi di Banjar Dinas Pakel, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis mengakibatkan sepeda motor milik warga ringsek.

Kalak BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, Senin (4/12) mengungkapkan, hujan deras yang mengguyur wilayah Karangasem memang mengakibatkan sejumlah bencana alam di sejumlah titik. Selain tanah longsor, juga bencana pohon tumbang.

Baca juga:  Ditabrak Truk Tronton, Pengendara Sepeda Motor Tewas

“Bahkan, pohon tumbang di Desa Gegelang menimpa satu unit sepada motor Jupiter milik warga hingga ringsek. Akibat kejadian tersebut, pemilik mengalami kerugian materiil kurang lebih sekitar Rp. 5 juta rupiah,” ujarnya.

Arimbawa mengatakan, selain pohon tumbang menimpa sepeda motor, bencana tanah longsor juga mengakibatkan senderan bangunan Musola Al-Fallah di Dusun Bukit Tabuan jebol. Kata dia, senderan yang jebol itu dengan ketinggian 7 meter dan panjang 15 meter, dan lebar 2 meter. “Kita sudah turun ke lokasi untuk melakukan asesmen dan pendataan dilokasi kejadian. Kerugian yang dialami kurang lebih diperkirakan mencapai Rp.60 juta rupiah,” katanya.

Baca juga:  Sebelum Ditemukan Meninggal, Lansia Disabilitas Sebar Surat

Dia menjelaskan, dengan mulai inten turunnya hujan belakangan ini, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat, untuk selalu tetap waspada dan siaga terhadap ancaman bencana alam ini. Dan bagi warga yang tinggal di perbukitan dan rawan longsor, maka ketika turun hujan supaya segera bergeser sementara ke tempat yang lebih aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (Eka Parananda/Balipost).

BAGIKAN